Opini

Inilah 4 Manfaat Publikasi Online Bagi Sekolah

Siedoo, Banyak pihak sekolah, dalam hal ini kepala sekolah, guru, atau karyawan sekolah beranggapan publikasi sekolah itu tidak perlu atau tidak penting. Padahal banyak kegiatan sekolah, kegiatan siswa, atau pembelajaran yang bagus telah dilakukan. Mereka beranggapan tidak mempublikasikan sekolah pun, pendaftar di sekolahnya telah banyak, atau membludak.

Sebenarnya anggapan mereka tidak sepenuhnya benar, mengingat waktu terus berjalan, umur bertambah, kebijakan di suatu sekolah bisa saja berubah, serta situasi dan kondisi bisa saja memburuk. Misalnya karena ganti kepemimpinan yang leadership-nya kurang, atau para tenaga pengajarnya yang tak keratif-inovatif. Belum lagi hasil karya siswa yang tentu bisa lapuk termakan usia, atau tersingkir karena tidak ada tempat menampungnya.

Maka, salah satu cara mendokumentasikan kegiatan yang tahan lama dan tak banyak memakan tempat adalah dengan mempublikasikan lewat media online. Bisa memanfaatkan facebook, twitter, path, website, blog, instagram, steller, dan sebagainya. Melalui media tersebut, pada suatu saat orang akan menemukan berbagai informasi dari sekolah itu meski sudah berlalu puluhan tahun.

Bahkan siswa yang membuat karya akan menemukan foto, video atau cerita di media online akan membuatnya senang dan bahagia. Karena hal itu bisa menjadi contoh atau cerita kepada teman, anak, cucu, keluarga, dan yang lainnya.

Kebanggaan bahwa dirinya pernah berkarya di sekolah dan didokumentasikan serta dipublish sekolah hingga masih terlacak saat dirinya sudah beranak-cucu.

Manfaat yang Didapat
Sebuah lembaga pendidikan seperti sekolah atau madrasah atau apa pun nama dan jenis lembaganya bisa saja bekerjasama dengan media online berupa website atau portal pendidikan. Contohnya media siedoo.com yang sedang Anda baca ini.

Mempublikasikan kegiatan sekolah melalui media online memiliki beberapa manfaat. Tidak hanya bagi pihak sekolah itu sendiri, namun juga bagi masyarakat luas yang butuh informasi lebih tentang lembaga dan dunia pendidikan. Berikut manfaatnya!

1. Mengenalkan Sekolah
Sekolah yang berkembang tentu ingin lebih dikenal masyarakat luas, sehingga perlu media promosi yang memiliki akses luas pula. Dengan publikasi online, hal itu dapat dicapai. Promosi profile sekolah, kegiatan, prestasi, dan kemajuan pendidikan di suatu sekolah akan menarik minat calon siswa mendaftar.

2. Mendokumentasikan Kegiatan Sekolah
Mendokumentasikan suatu kegiatan atau hasil karya sangat butuh yang tahan lama. Bila hanya kumpulan foto-foto di album sekolah, akan lapuk termakan usia. begitu juga dengan hasil karya siswa yang dipajang, semakin lama semakin membutuhkan tempat yang lebih luas.
Dengan didokumentasikan dan dipublikasikan lewat media online, utamanya website, tentu tidak akan hilang atau lapuk. Bahkan bisa dilihat meski sudah beberapa tahun berlalu.

3. Meningkatkan Budaya Literasi
Kegiatan yang di-publish lewat media online, menarik minat siswa atau warga sekolah mengunjungi media tersebut. Terlebih di website yang menjadi rekanan sekolah itu.
Dengan demikian, budaya literasi akan semakin meningkat dilakukan pihak sekolah yang bersangkutan.

4. Ajang Kompetisi
Melalui media online, warga sekolah dapat mengikuti berbagai ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh berbagai lembaga atau instansi. Baik untuk kepala sekolah, guru, maupun para siswa.
Bila bekerjasama dengan sebuah website pendidikan, paling tidak siswa akan berkompetisi dalam menulis artikel, kegiatan, opini, dan juga karya sastra. Mereka akan berlomba agar tulisannya dimuat di website tersebut. (*)

Redaksi Siedoo

Apa Tanggapan Anda ?