Advertorial Kegiatan

Kembangkan Budaya Literasi Melalui Bintang Baca Milenial

MAGELANG – Globalisasi dan modernisasi semakin memadai dan manusia di Bumi semakin eksis di zamannya. Bahkan dalam menyalurkan hobi dan karya pun dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Seperti penggunaan aplikasi WhatsApp (WA) yang akrab dengan manusia di zaman sekarang, hampir tidak mengenal usia.

Ada sebuah kegiatan menarik yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) SMK Muhammadiyah 1 Borobudur (Muhibor), Magelang, Jawa Tengah. Di mana IPM Muhibor memiliki sebuah wadah menyalurkan karya siswa dalam mengembangkan budaya literasi, yaitu Bintang Baca Milenial atau yang disingkat Bibam.

Bibam dipopulerkan oleh IPM Muhibor secara online dengan menggunakan grup WA sebagai sarananya. Penggunaan platform WA ini dengan maksud agar bisa diakses oleh semua siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, di waktu-waktu senggang mereka.

Demikian diungkapkan Ketua Bibam, Sakti Nurma'rifah, Senin (28/9/2020). Siswi Kelas XII OTKP 2 ini membeberkan awal mula terbentuknya Bibam hingga kegiatan yang dilakukan Bibam dalam membudayakan literasi di kalangan pelajar khususnya di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.

“Bibam bertujuan menggali kemampuan siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur di dunia karya literasi. Agar nantinya mereka menjadi tim jurnalistik sekolah,” ujar Sakti.

Sakti menjelaskan kegiatan Bibam dilakukan hanya sekali dalam satu minggu dan kegiatannya pun secara acak. Meliputi sosialisasi online tentang pendidikan, penyampaian hot news, share karya, dan lomba online kecil-kecilan. Sementara kegiatan offline berupa diskusi literasi dan membaca buku di perpustakaan sekolah dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kegiatan sudah mulai berjalan pada masa pandemi ini, tepatnya pada bulan telah dimulai bulan Mei 2020 lalu berupa beberapa lomba. Yaitu kuis online, cipta puisi online, dan cipta quotes online,” terangnya.

Selain Sakti sebagai Ketua Bibam, pengurus lain adalah Bekti Rismawati dan Aulia Nurfama sebagai Moderator. Sementara Pembicara Bibam adalah Sakti Nurma'rifah, Retno Utami, Pinky Jihan, Dewi Fatma, dan Nur Halimah.

“Dengan adanya Bibam, semoga bisa menambah semangat literasi siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur. Harapannya Bibam dapat mendorong terbentuknya tim jurnalistik sekolah,” harap Sakti Nurma'rifah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?