ADV Kegiatan

Di Bidang Literasi, SMP Negeri 1 Kota Magelang Selalu Ukir Prestasi

MAGELANG - Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa. Tujuan gerakan ini agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Di bidang literasi ini, SMP Negeri 1 Kota Magelang telah menggalakkan dalam 3 tahun terakhir. Hal itu dibuktikan dengan berbagai prestasi yang diraih para siswanya, yang mana selalu membawa kejuaraan dalam lomba literasi.

Salah satu siswi SMP Negeri 1 kota Magelang meraih Juara 2 Lomba Story Telling tahun 2020.| foto: Dok. SMPN 1 Magelang

Kepala SMP Negeri 1 Kota Magelang, Nurwiyono, S.N., M.Pd mengungkapkan budaya literasi di sekolah yang dipimpinnya menjadi prioritas. Selain sebagai pembiasaan membaca, menulis, berbicara dan bersikap, literasi menjadi salah satu penumbuhan bakat siswa yang positif.

“Nenek moyang kita adalah bangsa yang gemar berliterasi. Maka kita wajib melestarikan dengan membudayakan literasi kepada generasi penerus, termasuk para siswa,” ujarnya.

Nurwiyono menerangkan dalam beberapa lomba yang berkaitan dengan literasi, para siswanya selalu meraih prestasi. Meskipun tidak harus juara I, namun selalu mendapat penghargaan di lomba literasi yang diikuti.

“Hal ini membuktikan, bahwa literasi memberi nilai positif bagi siswa. Selain sebagai ajang meraih prestasi, juga mendukung kegiatan akademiknya,” terang Nurwiyono.

Selanjutnya, Nurwiyono menyebutkan beberapa kejuaraan yang berhasil diraih anak didiknya tiga tahun terakhir. Kebanyakan dalam keikutsertaan lomba yang diadakan oleh Perpustakaan Daerah Kota Magelang.

Disebutkan, tahun 2017 Lomba Penulisan Artikel Popular  Bagi Siswa SMP/MTs, meraih juara Harapan 1 dan Harapan 2. Lomba penulisan artikel bagi siswa SMP/MTs tahun 2018 meraih Juara 1 dan Juara 3, kemudian di tahun 2019 pada ajang Pemilihan Duta Baca tingkat Kota Magelang meraih Juara 2 dan Juara Harapan 2.

Baca Juga :  Harga Tembakau Menurun, Muncul Gagasan Sekolah Petani

“Pada tahun yang sama, siswa kami juga mengikuti Lomba Penulisan Artikel Bagi Siswa SMP/MTs. Alhamdulillah meraih Juara 1, Juara 3, dan Juara Harapan 2,” bebernya.

Di tahun 2020 lalu, SMP Negeri 1 Kota Magelang kembali mengukir prestasi bidang literasi. Salah satu siswa meraih Juara 2 dalam Lomba Story Telling bagi Siswa SMP/MTs Tingkat Kota Magelang. Kemudian siswa Kelas IX G Ai Kaga Naufal Abiyyu Najah berhasil meraih Juara I Tingkat Nasional pada ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) Bidang IPS. Kemudian Kepala Sekolah bersama guru Matematika Dra. Laila Wulandari, M.Pd menjadi satu tim dengan Wakil Walikota Magelang meraih prestasi tingkat nasional dalam presentasi Inovasi Layanan Publik.

“Kami akan selalu mendorong para siswa dan guru untuk mencintai literasi, membudayakan literasi, dan berprestasi di bidang literasi,” tandas Nurwiyono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?