Satuband, grup band beranggotakan siswa-siswi SMP Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah. Grup ini sebagai wadah mengasah bakat dan memupuk prestasi dalam bidang musik bagi para anggotanya. (foto: dokumen Satuband)

Tokoh

Asah Bakat Musik, Siswa SMPN 1 Magelang Bentuk Satuband


Siedoo, Tidak hanya berprestasi di bidang akademis, para siswa SMP Negeri 1 Kota Magelang, Jawa Tengah juga mampu unjuk prestasi di bidang non-akademis. Seperti dilakukan 2 siswa dan 4 siswi sekolah ini, yang mengasah bakat dan prestasi lewat seni musik.

Keenam siswa-siswi itu masih duduk di Kelas VIII namun berbeda kelas. Meski demikian, bukan halangan untuk berlatih dan mengasah bakat mereka bersama-sama. Kemudian tanggal 25 Maret 2018 mereka membentuk grup band bergenre sweetrock dengan nama Satuband.

Mereka adalah Shayna (vokal), Danu (gitar 1), Aqsa (gitar 2), Rona (bass), Orlin (keyboard), dan Nafa (drum). Satuband memiliki semboyan ‘satu sekolah, satu angkatan, satu tujuan, satu untuk semua’.

Selain berlatih di sekolahnya di Jalan Pahlawan No. 66 Kota Magelang, mereka juga aktif berlatih di bawah bimbingan anggota KMM (Komunitas Musik Magelang). Praktis, Satuband juga  menjadi anggota KMM.

Berkat ketekunan berlatih, meski belum lama terbentuk, Satuband berhasil meraih beberapa prestasi. Seperti Juara 1 Festival Band Pelajar 2018 di SMK Van Lith Kabupaten Magelang dan Juara 2 di SMK Pius Kota Magelang, di ajang serupa.

Satuband juga sempat mengiringi penyanyi Nafa Urbach beberapa waktu lalu. Terakhir sebagai band pembuka grup Sheila on 7 pada acara Gebyar Pariwisata yang digelar di alun-alun Kota Magelang, saat malam Tahun Baru 2019 lalu.

Menurut salah satu pembimbing Satuband Ajik Tulung, para siswa SMP Negeri 1 Kota Magelang ini sangat cepat menguasai materi-materi yang diberikan. Ketika ‘menggarap’ sebuah lagu mereka kompak dan disiplin.

“Sehingga hal itu yang membuat permainan mereka rapi, baik dari segi bermusik maupun performace di atas panggung,” ujar Ajik kepada Siedoo.com.

Kini, Satuband masih menjadi band idola pelajar dan kaum milenial di Kota Magelang dan sekitarnya. Band dengan para personil muda belia dan masih berstatus pelajar SMP. (*)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang