Senyum sang juara tersungging di bibir Muhammad Fikri Aufa setelah menerima medali emas bidang IPA di ajang International Mathematics/Science Olympiad (IMSO), di Provinsi Zhejiang, China. (Foto:ditpsd.kemdikbud.go.id)

Tokoh

Juara Olimpiade Sains Internasional, Inilah Kiat Muhammad Fikri Aufa


BEIJING – TIDAK disangka, nama Indonesia kembali harum di mata dunia, utamanya dalam prestasi pendidikan. Hal ini terjadi setelah Indonesia berhasil mendulang medali di ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Internasional (International Mathematics/Science Olympiad-IMSO) di Provinsi Zhejiang, China 28 September-4 Oktober 2018.

Salah satu anggota Tim Kemdikbud RI adalah Muhammad Fikri Aufa, siswa SDIT Cahaya Insani Temanggung, Jawa Tengah. (ditpsd.kemdikbud.go.id)

Menurut Fikri, prestasi yang luar biasa dapat diraih dengan kerja keras dan tekun. Namun, yang tidak boleh dilupakan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Tidak cukup dengan belajar saja. Saya serahkan hasil dari usaha saya kepada Allah. Alhamdulillah doa saya dikabulkan dengan mendapat medali emas,” katanya.

Muhammad Fikri Aufa perlihatkan medali emas IMSO yang diraihnya. (Foto:whatsaap)

Siswa yang bercita-cita menjadi ilmuan di bidang IPA ini mengatakan untuk mengukir prestasi yang gemilang harus ditempuh dengan upaya yang serius. Dia sangat yakin bahwa Tuhan pasti akan memberikan hal yang terbaik dari apa yang diusahakan secara serius. Terbukti bulan Juli 2018 lalu dia berhasil menyabet medali emas pada ajang OSN SD bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) saat mewakili Jawa Tengah di Padang, Sumatera Barat.

Fikri bercita-cita menjadi ilmuwan. Itulah yang mendorongnya tidak pernah letih belajar dan berdoa.

“Saya tidak pernah lelah belajar. Karena dengan belajar saya  bisa mengetahui hal-hal baru,” ujarnya.

Dia sangat senang menjadi salah satu anggota Tim Kemendikbud RI dalam ajang IMSO di China. Di ajang ini dia menjadi pahlawan bidang sains setelah mengalahkan tuan rumah dan berhasil meraih medali emas.

“Saya sangat senang dengan ajang ini. Saya berharap pendidikan di Indonesia akan lebih maju dan menghasilkan SDM yang lebih unggul,” jelasnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?