Program Lazismu Kota Magelang Estafet Sahabat, pemacu asa lewat beasiswa berprestasi.

Daerah

Estafet Sahabat, Program Khusus untuk Perhatikan Siswa Berprestasi


MAGELANG – Lazismu Kota Magelang, Jawa Tengah memberikan perhatian khusus kepada pelajar berprestasi di wilayahnya. Bagi pelajar yang berprestasi namun kemampuan ekonominya kurang, maka akan mendapatkan bantuan berupa beasiswa. Hampir sebulan berjalan, Lazismu sudah menyalurkan kepada 23 siswa dan mahasiswa di Magelang dan sekitarnya.

Program ini dilaunching secara simbolis bersamaan dengan kegiatan Muzaki Gathering di Masjid Al-Ittihad Kota Magelang Juni 2018. Dua orang penerima simbolis masing-masing merupakan siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang atas nama Indra dan SMK Muhammadiyah Kota Magelang atas nama Agus Choirul Amin. Selanjutnya, estafet pentasyarufan Sahabat (Santri Harus Hebat) dilaksanakan kepada satu siswa SMP Mutual Kota Magelang dan 4 siswa SMK Muhammadiyah Kota Magelang.

Setelah itu, giliran siswa SD Muhammadiyah 2 Kota Magelang yang mendapat beasiswa sebanyak 3 orang dilanjutkan SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang sebanyak 6 siswa pada hari yang sama. Hari berikutnya, beasiswa Sahabat diterima oleh 4 siswa MI Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Pada hari berikutnya, 3 siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang menerima beasiswa.

“Beasiswa Sahabat merupakan bentuk pengelolaan dana ZIS Lazismu yang diperuntukkan bagi para siswa setingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi di Kota Magelang,” kata Manajer Operasional Lazismu Kota Magelang Fikri.

Mereka yang menerima merupakan siswa berprestasi namun terkendala secara ekonomi. Pemberian beasiswa ini berupa uang tunai yang penyalurannya harus diketahui pihak sekolah.

“Sehingga, dapat digunakan untuk pembayaran SPP dan semacamnya,” tambahnya.

Menurut dia, anak-anak sekolah adalah harapan masa depan. Di tangan mereka, baik tidaknya peradaban akan terbentuk. Maka, sangatlah pantas jika para pembelajar seperti ini diberikan dukungan secara materi dan immateri. Sehingga, cita-cita membangun masa depan yang baik akan tercapai.

Hal tersebut turut menjadi perhatian yang serius bagi Lazismu Kota Magelang yang mengunggulkan gerak langkah, salah satunya dalam bidang pendidikan. Kerja nyata yang dilaksanakan dalam bidang ini adalah program-program beasiswa seperti Sahabat yang diperuntukkan bagi siswa/mahasiswa.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para muzaki Lazismu Kota Magelang. Harapan kami semoga program Sahabat dapat meringankan sedikit beban ekonomi bagi para penerima beasiswa dan yang paling esensial adalah memacu asa mereka untuk menggapai cita-cita,” jelas Fikri.

Estafet ditutup dengan pentasyarufan beasiswa Sahabat kepada 2 Mahasiswa UM Magelang. Sementara itu, Kepala SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang Fauzan seusai pentasyarufan menyampaikan, terima kasih atas bantuan yang diberikan.

“Harapannya kita dapat bekerjasama dalam upaya mengembangkan sekolah ini,” jelasnya.

Apa Tanggapan Anda ?