Advertorial Kegiatan

Bibam Dongkrak Aktivitas Literasi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur

MAGELANG – Dibentuknya wadah karya literasi bagi siswa berupa Bintang Baca Milenial (Bibam), sangat mendukung kegiatan literasi di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur (Muhibor), Magelang, Jawa Tengah. Bibam yang dibentul oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Muhibor ini memanfaatkan WhatsApp (WA) sebagai sarana komunikasi dan mengunggah karya siswa.

Ketua Bibam, Sakti Nurma'rifah menjelaskan proses masuk menjadi anggota Bibam menggunakan cara yang sangat mudah. Yaitu dengan meng-share pamflet mengenai info Bibam, setelah itu mendaftar di Ketua Kegiatan, Moderator atau Pembicara Bibam.

“Yaitu dengan menyampaikan motivasi masuk grup Bibam. Setelah itu ada pertimbangan dari pihak IPM Muhibor, apabila diterima maka akan langsung masuk grup,” jelasnya, Senin (28/9/2020).

Ditandaskan Sakti, salah satu syarat yang harus ditaati anggota Bibam adalah tidak boleh keluar dari grup apabila sudah bergabung.

“Mereka pun harus bisa aktif dalam grup Bibam ini,” tandasnya.

Sementara untuk kegiatan yang telah dilakukan Bibam adalah lomba sederhana yang ditujukan untuk para anggota Bibam pada bulan Mei 2020 lalu. Yaitu Kuis Online seputar pendidikan tanggal 3 Mei 2020, Cipta Puisi Online tema bebas (10 Mei 2020).

“Serta lomba Cipta Quotes Online denan tema pendidikan dilaksanakan pada 29 Mei 2020,” terang Sakti.

Diuraikan Sakti, para pemenang lomba Bibam mendapatkan reward. Untuk pemenang Kuis Online seputar pendidikan diraih Anisa Khalimatus (Kelas XII OTKP 1), lomba Cipta Puisi Online tema bebas dimenangi Novita Nur Azizah (Kelas XII OTKP 2).

“Sedangkan pemenang Cipta Quotes Online tema pendidikan diraih Anisa Khalimatus Kelas XII OTKP 1. Kami juga memberi reward kepada angota atau siswa kategori Paling Aktif, yaitu Ully Kelas XII AKL 1,” urainya.

Adanya Bibam memang diakui sangat mendongkrak aktivitas literasi sekolah. Hal itu dikatakan oleh Kepala Perpustakaan, Hidayati Laily, S.E. Dikatakan Laily, dengan kehadiran fasilitas berbasis tekhnologi bisa mendorong minat baca siswa terutama generasi milenial.

“Indikatornya meningkatkan jumlah siswa berkunjung ke perpustakaan untuk menuju perpustakaan digital,” ujarnya.

Kepada para anggota Bibam dan para siswa SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, Laily mengingatkan, kunci sukses keberhasilan adalah membaca, kemudian mengaplikasikannya dalam kehidupan.

“Selamat dan sukses untuk IPM SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, melalui kegiatan Bibam semoga terbentuk generasi yang beriman, cerdas, dan islami,” harapnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?