Daerah

Lomba Paskibra, Upaya Membentuk Jiwa Patriotisme

MAGELANG - Sebanyak 578 siswa sekolah menengah pertama (SMP) atau sederajat ikut meramaikan lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kota Magelang, Jawa Tengah. Peserta lomba Paskibra SMP tahun ini datang dari 17 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan SMP, baik swasta maupun negeri. Masing-masing sekolah mengirimkan satu tim yang terdiri dari 34 siswa.

"Kegiatan paskibra akan berdampak positif bagi para pelajar. Diantaranya adalah membentuk jiwa patriot dalam diri mereka," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang Jarwadi.

Menurut dia, salah satu cara menghargai pahlawan dengan mengikuti upacara bendera di sekolah. Dia pun mengapresiasi pelaksanaan maupun para peserta lomba Paskibra.

"Tetap jaga sportifitas selama mengikuti lomba. Untuk yang berhasil menjadi pemenang, terus kembangkan kemampuan. Sedangkan yang belum menang, tetap berlatih, kesempatan masih panjang," kata Jarwadi.

Tahun ini, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang kembali menyelenggarakan kegiatan lomba paskibra tingkat siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan yang memang merupakan program rutin tahunan tersebut, bertujuan untuk menanamkan jiwa patriotisme dan nilai-nilai positif lainnya. Melalui lomba, ada banyak tujuan positif yang diharapkan dalam pelaksanaan lomba Paskibra siswa SMP tingkat Kota Magelang ini.

"Tidak hanya untuk menanamkan jiwa patriotisme, juga untuk menggugah rasa memiliki nusa dan bangsa, membentuk watak kesetiakawananan, sosial yang tinggi, dan sportifitas," imbuh Kepala Bidang Kepemudaan Disporapar Kota Magelang Susilo Handoyo, Selasa (2/10/2018).

Menurut Susilo, jumlah peserta yang mengikuti lomba Paskibra tahun ini cukup banyak. Itu lantaran tahun 2017 kemarin hanya ada 6 sekolah yang mengirimkan tim perwakilan.

"Kami berharap, tahun 2019 mendatang, jumlah peserta akan meningkat. Karena kita juga bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan," kata Susilo.

Untuk lomba ini, para peserta akan dinilai dalam sejumlah hal. Seperti kedisiplinan, kekompakan, dan lainnya.

"Adapun hadiah yang diperebutkan dalam lomba ini berupa uang pembinaan dan piagam," jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?