Nasional

Pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online, Persembahan dari PWI

BALI - Persatuan Wartawan Indonesian (PWI) Pusat menggelar pelatihan Fotografi dan Jurnalisme Online bagi Wartawan di rumah kreatif di Banjar Sangging, Desa Kamasan, Klungkung, Bali. Bersama dengan Pertamina, pelatihan ini untuk membangkitkan dan pentingnya usaha ekonomi masyarakat kecil UKM di Bali.

Paparan yang terkait urgensi wartawan untuk mengembangkan diri, disampaikan langsung Pepih Nugraha, Founder PepNews. Dengan lugas dirinya memaparkan ada beberapa hal penting yang menjadi landasan dalam penulisan. Antara lain pentingnya 5W 1H.

Narasumber Musista Pambudi, Kepala Sekolah Workhosp Fotografi Gallery menyampaikan materi Foto Jurnalistik Antara (GFJA). Dirinya memberikan serangkaian materi teori dan praktik foto jurnalistik yang mampu meningkatkan nilai tinggi dari hasil hunting wartawan saat memburu sumber berita.

"Saya tekankan pada wartawan saat melakukan hunting foto mencari moment yang tepat dan bisa mengangkat nilai berita yang tinggi dari berita poto yang ditampilkan," jelas Musista Pambudi, seraya memberi contoh poto yang memiliki estetika nilai berita tinggi.

Sementara itu, Ketua PWI Bali IGMB Dwi Kora meminta kepada semua wartawan media yang hadir untuk bisa mengikuti kegiatan penting bagi wartawan terkait peliputan media online ini. Ia berharap, dengan kegiatan pelatihan fotografi dan jurnalisme online bagi wartawan, bisa meningkatkan kompetensi sebagai wartawan online.

Sementara itu pengurus PWI Pusat Lisna Febriana menyatakan bahwa, rangkaian pelatihan ini merupakan kelanjutan dari sinergi antara Kementerian BUMN dengan PWI Pusat. Serta MoU antara PT Pertamina (Persero) dan PWI yang ditandatangani pada Hari Pers Nasional 2018. Kegiatan ini sebagai upaya dari peran sinergi BUMN meningkatkan kompetensi bagi wartawan Indonesia.

Selanjutnya pelatihan ketiga akan diadakan pada 12 Mei 2018 di Riau. Dengan semua pelatihan vokasi kewirausahaan bagi wartawan ini, diharapkan akan menambah wawasan bagi wartawan keseluruhan. Acara dipungkasi dengan penyerahan plakat kepada narasumber dan sertifikat kepada seluruh peserta wartawan se Bali yang diserahkan Ketua PWI Bali IGMB Dwi Kora.

Apa Tanggapan Anda ?