Daerah Kegiatan

Unsyiah Gelar Pelatihan Series SPSS Berbasis Outcome Artikel Ilmiah

ACEH - Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Aceh menggelar pelatihan series tentang pengolahan data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) Berbasis Outcome Artikel Ilmiah, Selasa (28/7/2020). Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sebagai implementasi program pengembangan usaha produk intelektual kampus (PPUPIK) Kemendikbud 2020.

Tim pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari berbagai jurusan Unsyiah. Yaitu Statistika, Ekonomi, Informatika dan Farmasi.

Ketua Jurusan Statistika FMIPA Unsyiah Dr. Miftahuddin dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberi pengetahuan cara pengolahan data menggunakan SPSS. Yaitu yang paling umum digunakan oleh kalangan masyarakat.

“Melalui pengolahan data ini diharapkan peserta dapat memahami dan mempraktikkan sendiri pengolahan data. Sehingga dapat menghasilkan suatu artikel ilmiah yang dapat dipublikasikan,” katanya.

Pemateri pada pelatihan series ini adalah Ketua Prodi Ekonomi Islam FEB Unsyiah Dr. Eddy Gunawan. Jumlah peserta kegiatan pengabdian ini berjumlah 170 orang yang berasal dari berbagai multidisiplin ilmu dan dari berbagai perguruan tinggi/universitas serta provinsi di Indonesia. Seperti Sekolah Kesehatan Masyarakat Ambon, Universitas Negeri Medan, UIN Jambi, Universitas Lampung, Universitas Matana Jakarta, Universitas Bengkulu. Juga Univeritas Tanjungpura Kalimantan Barat, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Papua, dan Universitas Cenderawasih Papua.

Kategori peserta berasal dari mahasiswa, akademisi, alumni, praktisi, dan umum. Peserta kegiatan berasal dari berbagai kabupaten di Aceh. Bahkan, juga ada peserta yang berasal dari luar Provinsi Aceh.

Diharapkan keikutsertaan peserta yang menunjukkan keberagaman ini mempercepat pemahaman “melek data".

“Sehingga dapat mengolah data sesuai prosedur statistika dan dapat diterapkan di berbagai disiplin ilmu,” pungkas Miftahuddin. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?