Daerah

Keterampilan Interpersonal Adalah tentang Substansi Komunikasi

MAGELANG - Kegiatan pelatihan Training of Trainer Softskill diharapkan dapat meningkatkan keterampilan interpersonal dan kepemimpinan bagi Tim Pokja Soft Skill. Sehingga, dalam implementasinya dapat diterapkan untuk mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar.

“Mahasiswa pada era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, diharapkan memiliki keterampilan komunikasi interpersonal yang lebih meningkat dan lebih baik lagi,“ kata Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang, Jawa Tengah Ir. Eko Muh Widodo, MT.

Rektor menyampaikan hal itu saat Tim Pokja Softskill UM Magelang mengadakan Training of Trainer Soft Skill : Interpersonal Skill dan Leadership Skill. Kegiatan berlangsung dua hari di Hotel Safira Magelang. Pada kesempatan ini, rektor membuka langsung kegiatan.

"Materi Softskill diharapkan dapat masuk dalam cakupan Satuan Kredit Semester (SKS) di setiap program studi yang ada di UM Magelang sebagai salah satu mata kuliah. Softskill mencakup empat aspek, yaitu intrapersonal skill, interpersonal skill, leadership skill dan entrepreneurship," jelasnya.

Kegiatan ini juga mendatangkan pembicara dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Bono Setyo Direktur ComTC (Center of Communication Studies and Training) UIN Sunan Kalijaga. Bono menjelaskan, bahwa pencapaian keberhasilan sebuah keterampilan interpersonal adalah tentang substansi atau kebermaknaan sebuah komunikasi, komunikasi yang efektif, dan hukum komunikasi efektif.

“Hal-hal tersebutlah yang harus dipahami secara mendasar bagi Tim Pokja Softskill,“ kata Bono. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?