PENGHARGAAN. Kantor DPUPR Kota Magelang mendapatkan penghargaan Sebagai Gedung Hemat Energi sub kategori Gedung Baru oleh Kementerian ESDM pada ajang Penghargaan Subroto Bidang Energi 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - PENGHARGAAN. Kantor DPUPR Kota Magelang mendapatkan penghargaan Sebagai Gedung Hemat Energi sub kategori Gedung Baru oleh Kementerian ESDM pada ajang Penghargaan Subroto Bidang Energi 2023. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Kementerian ESDM Berikan Penghargaan kepada Kantor DPUPR Kota Magelang, Dalam Hal Apa?

MAGELANG, siedoo.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan penghargaan kepada Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Magelang. Penghargaanya diberikan Sebagai Gedung Hemat Energi sub kategori Gedung Baru.

———

Penghargaan diberikan pada ajang Penghargaan Subroto Bidang Energi 2023 di Nusa Dua Bali, Senin (30/10/2023).

Penghargaan diberikan oleh Direktur Aneka EBT, Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Andriah, Feby Misna kepada Kepala DPUPR Kota Magelang Muhamad Syafrudin Kurniawan.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Yudo Dwinanda Priaadi menyebutkan penyerahan Penghargaan Subroto 2023 Subsektor EBTKE menjadi bukti pemerintah dan para pemangku kepentingan memiliki semangat dan tujuan yang sama bertransisi energi menuju Net Zero Emission (NZE).

“Semangat kolaborasi Pentahelix dalam mengembangkan subsektor EBTKE merupakan inti yang menyatukan langkah gerak strategis kita, karena di dalamnya ada pelibatan lima sektor penting, yaitu BUMN dan swasta, akademisi, media, pemerintah, dan masyarakat, NGO ataupun asosiasi,” ujar Yudo.

MS Kurniawan mengungkapkan, mengikuti ajang Perlombaan Subroto Award ini merupakan salah bentuk keseriusan Pemerintah Kota Magelang melalui DPUPR untuk mendesain Gedung yang hemat energi. Selain itu membuat manajemen energi yang baik di gedung pemerintah dalam rangka mensukseskan program penghematan energi terhadap isu perubahan iklim dunia.

Kota Magelang, lanjut Kurniawan, punya manajer energi yang bersertifikat, sehingga dalam setahun dapat membuat program manajemen energi yang efisien, ditambah dengan desain bangunan yang menambah nilai.

Selain itu, Indeks Konsumsi Energi (IKE) kantor DPUPR sangat rendah, juga adanya efisensi lampu dan Air Conditioner (AC).

Dia berharap dengan adanya label sebagai gedung hemat energi dapat menjadi semangat untuk berperilaku hemat dan bijak dalam penggunaan energi, dengan tetap mempertahankan kenyamanan dalam bekerja.

Baca Juga :  Mahasiswa Pertanyakan Tugas dan Tanggung Jawab Kodim

“Hemat bukan menjadikan tidak nyaman, tetapi hemat untuk mengurangi dampak terhadap ancaman lingkungan,” kata Kurniawan.

Selain DPUPR Kota Magelang, tercatat sebagai pemenang pada Kategori yang sama yaitu PT Kalla Property Sub Kategori Gedung Retrofit, PT Angkasa Pura II sub Kategori Gedung Tropis, PT Sinar Mas Land Sub Kategori Gedung Hijau.

Tahun ini merupakan tahun kedua Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang mendapatkan penghargaan pada ajang Subroto Award, yang mana pada Tahun 2022 mendapatkan penghargaan pada kategori Penghematan Energi di Instansi Pemerintah. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?