BERPOSE. Tim Pengbdian dari Program Studi Pendidikan Biologi Untidar berpose dengan MGPM Biologi Kabupaten Magelang. (foto: istimewa)
Siedoo.com - BERPOSE. Tim Pengbdian dari Program Studi Pendidikan Biologi Untidar berpose dengan MGPM Biologi Kabupaten Magelang. (foto: istimewa)
ADV Pendidikan

Gandeng MGPM Biologi Kabupaten Magelang, Tim Pengabdian Untidar Gelar Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah

MAGELANG, siedoo.com – Dengan menggandeng MGMP Biologi SMA di Kabupaten Magelang, Tim Pengabdian dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar (Untidar) menggelar pelatihan penulisan artikel ilmiah dan publikasi penelitian di SMAN 1 Bandongan pada 9 September 2022.

Tim pengabdian tersebut diketuai Ika Sukmawati, M. Pd dan Karunia Galih Permadani, M. Sc sebagai anggota bersama mahasiswa.

Sebagai pesertanya adalah guru biologi yang tergabung dalam MGMP Biologi Kabupaten Magelang. Tak hanya guru, siswa anggota ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) juga turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini.

“Tujuan diadakannya kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah meningkatkan kemampuan guru dalam menulis ilmiah dan publikasi khususnya berupa artikel dari hasil PTK,” kata Ika Sukmawati, M. Pd, Jumat (21/10/2022).

Selain itu, lanjutnya, juga membantu guru memenuhi salah satu produk yang bermanfaat dalam penilaian kinerja guru dan kenaikan pangkat.

Kegiatan diawali dengan pembukaan dengan MC Ayunina selaku mahasiswa Pendidikan Biologi Untidar. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

Paparan materi disampaikan ketua tim pengabdian, mulai dari pentingnya penulisan artikel serta publikasi penelitian bagi guru.

“Selain itu, juga dibahas sistematika artikel ilmiah, urgensi penulisan artikel ilmiah, tahapan publikasi di jurnal ilmiah serta pengenalan jurnal IJOBE dan Nectar yang merupakan jurnal nasional yang dikelola Program Studi Pendidikan Biologi Untidar,” jelasnya.

Kegiatan diskusi berjalan dengan aktif. Salah satu pertanyaan menarik muncul dari Ricky salah satu siswa SMAN 1 Bandongan. Ia bertanya mengenai bagaimana cara mencari topik penelitian yang dapat dilakukan siswa, dan dapat dilakukan dalam proses belajar.

Evaluasi kegiatan dilakukan melalui pengisian kuesioner. Sejumlah besar responden menyampaikan adanya manfaat dari kegiatan pelatihan ini.

“Mereka berharap agar dapat dilakukan kegiatan serupa secara berkelanjutan dengan topik yang tak kalah menarik dan bervariasi,” tambah Karunia Galih Permadani, M. Sc.

Baca Juga :  Rekreasi dan Belajar, TK Pertiwi Kiringan Jalan-jalan ke Dinas Perikanan

Kepala MGMP Biologi Kabupaten Magelang, Kelik Purwandaru S. Pd menerima dengan baik program yang dilaksanakan oleh Tim Pengabdian Program Studi Pendidikan Biologi. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?