LKPP. Penyerahan penghargaan dari pihak LKPP Tingkat Jawa Tengah kepada pihak Pemkot Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Siedoo.com - LKPP. Penyerahan penghargaan dari pihak LKPP Tingkat Jawa Tengah kepada pihak Pemkot Magelang. (foto: prokompimkotamgl)
Daerah

Dari LKPP Tingkat Jateng, Kota Magelang Raih Dua Perhargaan

MAGELANG, siedoo.com – Atas Capaian Pemenuhan Tingkat Kematangan Unit Kerja Pengadaan Barang/Jasa (UKPBJ) Level 3 (Proaktif) dan Indeks Tata Kelola Pengadaan Barang/Jasa (ITKP) Terbaik 2023, Pemerintah Kota Magelang meraih dua penghargaan.

———

Penghargaan diberikan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan disampaikan Ketua LKPP Hendrar Prihadi melalui Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno kepada Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur dan Kepala UKPBJ Kota Magelang Wahyu Tri Prasetyo di sela Rakor UKPBJ Kabupaten/Kota Se-Jawa Tengah di Gedung Muzdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa (28/11/2023).

Kepala LKPP, Hendrar Prihadi meminta pemerintah daerah di wilayah ini untuk aktif berinovasi dalam pengadaan.

“Inovasi yang tepat dalam proses pengadaan dapat mengoptimalkan manfaat belanja pemerintah untuk masyarakat,” jelas pria yang akrab dipanggil Hendi itu.

Disampaikan Hendi bahwa semangat pengadaan pemerintah tidak hanya sebatas untuk memperoleh barang / jasa yang dibutuhkan saja, melainkan juga harus mampu menggerakkan ekonomi lokal, juga nasional.

Untuk itulah dia juga meminta agar amanah Instruksi Presiden RI nomor 2 tahun 2022 dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bisa dijalankan dengan baik.

“Mari hari ini kita kembali melihat Trisakti Bung Karno, dimana salah satunya menekankan tentang berdikari dalam ekonomi untuk mewujudkan cita – cita kemerdekaan Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur,” tandas Hendi.

Wakil Wali Kota Magelang KH. M. Mansyur mengutarakan, prestasi ini menjadi pemicu bagi Pemkot Magelang untuk meningkatkan kualitas dalam pengelolaan administrasi pengadaan barang dan jasa agar lebih baik.

“Kota Magelang bisa membuktikan diri, menjauhkan diri dari KKN (Kolusi Korupsi Nepotisme) di bidang pengadaan barang dan jasa. Biasanya korupsi terjadi di bidang tersebut. Sehingga kedepan kita bisa lebih transparan lagi, lebih baik lagi,” ungkap Mansyur.

Baca Juga :  Haaah….! Pelantikan Pengurus DHC Kejuangan 45 Kota Magelang Digelar di Area Pemakaman?

Lebih lanjut, apresiasi dari LKPP ini merupakan salah satu wujud komitmen seluruh jajaran Pemkot Magelang dalam pelaksanaan pembangunan nasional, meningkatkan pelayanan publik serta berkontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

“Upaya yang ditempuh adalah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) telah membentuk Tim Kematangan UKPBJ, yang bertugas dalam mempercepat Kematangan UKPBJ Level 3, level yang dipersyaratkan LKPP,” imbuh Kepala UKPBJ Kota Magelang Wahyu Tri Prasetyo. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?