CEK. Petugas saat melakukan pengecekan pada rumah yang terdampak kerusakan akibat bentrokan massa. (foto: prokompimkabmgl)
Siedoo.com - CEK. Petugas saat melakukan pengecekan pada rumah yang terdampak kerusakan akibat bentrokan massa. (foto: prokompimkabmgl)
Daerah

Sejumlah Rumah Rusak Imbas Bentrok Kelompok Massa Diperbaiki Pemerintah

MAGELANG, siedoo.com – Sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan imbas dari bentrokan kelompok massa yang terjadi beberapa waktu lalu diperbaiki Pemkab Magelang.

———

Pemerintah tersebut turun melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) bersama OPD terkait lainnya.

Petugas DPUPR melakukan pengecekan di lapangan secara langsung dan melakukan pendataan serta pengukuran pada sejumlah bangunan yang mengalami kerusakan di Dusun Kalangan, Desa Pabelan, Kecamatan Mungkid.

Hal serupa juga dilakukan di wilayah Kecamatan Muntilan, lebih tepatnya di lokasi sekitar tikungan Wonolelo.

Subkor Seksi Bangunan Gedung pada DPUPR Kabupaten Magelang, Kurniawan mengatakan di Kecamatan Mungkid terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan. Sementara di Kecamatan Muntilan ada empat rumah yang mengalami kerusakan yang sama seperti kaca, asbes dan eternit yang pecah.

“Rencananya juga kita kerjakan untuk perbaikan dengan beberapa tukang yang kami kerahkan,” kata Kurniawan.

“Untuk di wilayah Mungkid, ada tiga bangunan yang mengalami kerusakan yaitu, Panti Asuhan Yatim Putri Aisyiyah dan dua rumah warga juga mengalami kerusakan seperti kaca dan asbes yang pecah,” jelas Camat Mungkid, Shihabidin.

Melihat kondisi tersebut, lanjut Shihabidin, DPUPR saat ini sedang melakukan pengecekan sekaligus pengukuran pada sejumlah kaca dan asbes yang pecah, serta akan dilanjutkan dengan perbaikan.

Selain itu, pihaknya secara periodik juga akan memberikan arahan melalui Kepala Desa dan Kadus agar masyarakat di Desa Pabelan tetap tenang dan tidak terpancing emosi, sehingga kondusifitas masyarakat tetap terjaga.

“Untuk warga setempat yang mengalami luka akibat bentrokan massa akan diganti untuk biaya pengobatannya,” kata Shihabidin.

Sementara salah satu warga Pabelan yang rumahnya terdampak kerusakan, Untoro menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang dengan sangat cepat dan sigap langsung memberikan bantuan perbaikan ini.

Baca Juga :  193 Kontingen Kota Magelang Berlaga di Porprov Jateng XVI, Targetkan 20 Medali Emas

“Yang pertama saya ucapkan terima kasih kepada Pemkab Magelang yang dalam waktu tiga hari langsung memberikan bantuan perbaikan kepada rumah kami yang mengalami kerusakan,” ucapnya.

Untoro juga berharap agar kejadian yang telah menimpa rumahnya dan tetangganya itu tidak terulang kembali. Ia juga berterimakasih kepada jajaran Kepolisian dan TNI yang juga dengan sigap menghentikan bentrokan massa yang terjadi di Pabelan.

“Kami berharap supaya kejadian ini tidak terulang kembali, sehingga situasi tetap aman, nyaman dan tentram,” harap, Untoro. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?