SKRINING. ASN dan Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang saat mengikuti kegiatan skrining kesehatan. (foto: prokompoimkabmgl)
Siedoo.com - SKRINING. ASN dan Non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang saat mengikuti kegiatan skrining kesehatan. (foto: prokompoimkabmgl)
Daerah

ASN dan Non ASN di Kabupaten Magelang Jalani Skrining Kesehatan

MAGELANG, siedoo.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang ikuti Skrining Kesehatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Cemerlang, lingkup Setda Kabupaten Magelang Jumat (29/9/2023).

———

Skrining Kesehatan diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 170 ASN dan 76 Non ASN di lingkungan Setda Kabupaten Magelang, yang meliputi 36 OPD.

Plt Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang, Zanuar Effendi menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan skrining kesehatan untuk memberikan gambaran bagi ASN di Kabupaten Magelang terkait dengan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Harapannya dengan mengetahui tingkat kesehatannya masing-masing, ASN terus berusaha untuk menjaga kondisi kesehatan dalam rangka menunjang tugas dalam melayani masyarakat.

“Apabila ada yang terindikasi kurang sehat menurut analisa dokter, maka tentu diharapkan untuk bisa meningkatkan kesehatannya, baik dengan aktivitas positif seperti olahraga, menjaga pola makan, dan rutin kontrol ke dokter. Karena dengan kondisi tubuh yang sehat maka akan mempengaruhi kinerja,” harap Zanuar.

Sementara Dokter dari Puskesmas Dukun yang bertugas pada Skrining Kesehatan ini, Arifiana Husnulhidayati menjelaskan bahwa skrining kesehatan kali ini meliputi pengecekan Gula Darah, Hipertensi, dan berat badan.

Ia mengatakan, dari sejumlah pemeriksaan yang telah dilakukan ada beberapa peserta yang hasilnya kurang baik yaitu mengalami hipertensi. Dengan hasil tersebut maka pihaknya memberikan rujukan ke fasilitas kesehatan agar yang bersangkutan mendapatkan penanganan yang tepat dengan diberikan obat.

“Jadi kegiatan ini sangat baik, dimana para peserta atau ASN bisa mengetahui kondisi tubuhnya dan melakukan antisipasi dini bila mana ada kondisi tubuh yang kurang baik dan bisa segera melakukan pengobatan atau perbaikan pola hidup, sehingga kondisi tubuhnya selalu dalam keadaan baik atau sehat,” pungkas Arfiana.

Baca Juga :  Jabatan Pj Sekda Kota Magelang Diperpanjang, Wali Kota: Semoga Kinerjanya Terjaga dengan Baik

Kabid P2P Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Magelang, Budi Suprastowo menyampaikan, kegiatan skrining kesehatan ini dalam rangka untuk pengendalian penyakit tidak menular diantaranya Diabetes Melitus, Hipertensi, dan Obesitas (kelebihan berat badan).

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa kegiatan ini sebagai skrining awal. Apabila nanti ada hasil yang kurang baik seperti kadar gula dalam darah tinggi, maka akan diberikan rujukan dan diteruskan ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) untuk di diagnosa lebih lanjut dan diobati.

“Jadi di sini hanya skrining saja, tidak mengobati,” kata Budi.

Menurut Budi, kegiatan skrining ini akan dilakukan secara rutin demi kesehatan para ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang. (prokompim/kabmgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?