Daerah

Pesta Siaga Menjadi Ajang Lomba Prestasi


TEMPURAN – Pesta Siaga menjadi salah satu ajang memupuk prestasi di bidang Kepramukaan. Hal itu sangat menjadikan kegiatan ekstra kurikuler wajib semakin menarik. Berbagai kecakapan, keterampilan, dan ketangkasan diajarkan kepada Pramuka Siaga di lembaga pendidikan dasar.

Setahun sekali diadakan ajang meraih prestasi tertinggi di tingkat kecamatan hingga tingkat yang lebih luas. Seperti di wilayah Tempuran Kabupaten Magelang, Jawa Tengah kegiatan Pesta Siaga Kwarran Tempuran Tahun 2018 diikuti 58 barung.

Seluruh SD dan MI di wilayah ini mengirimkan masing-masing 2 barung. Mereka berlomba kecakapan, keterampilan dan kecakapan dengan semangat yang tinggi.

Acara berlangsung di lingkungan SDN Tanggulrejo Tempuran, Pesta Siaga dibuka Camat Tempuran sebagai Ketua Mabiran, Daryoko Umar Singgih, SIP MM. Dalam sambutannya, Singgih menyemangati seluruh peserta.

“Siaga di depan saya ini semuanya Siaga andalan dari gugus depan masing-masing. Hari ini harus menunjukkan bahwa kalian bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik. Tergiat dari yang tergiat. Semua bisa terwujud bila telah diawali dengan semangat yang berkobar,” katanya.

Masing-masing barung menyelesaikan seluruh taman (pos) kegiatan. Mulai dari pengetahuan kepramukaan, peta, baris-berbaris, tali-temali, kereta basket, gamelan, hingga pentas seni.

Dalam kegiatan kali ini, diambil barung tergiat putra dan putri. Masing-masing akan mewakili Tempuran maju ke ajang yang sama di tingkat Kabupaten Magelang pada 4 Maret 2018 mendatang.

Barung Tergiat Putra diraih SDN Ringinanom 1, disusul SDN Tempurejo 2 dan MI Banjarsari. Sementara Barung Tergiat Putri dimenangkan MI Banjarsari, SDN Ringinanom 1 dan SDIT Al-Madinah. Seluruh barung tergiat mendapatkan trofi dan piagam dari Kwarran Tempuran.

Apa Tanggapan Anda ?