Siswa MI Maarif Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah saat dibekali Wawasan Kebangsaan oleh TNI. foto : Siedoo

Daerah

TNI Ingatkan Pelajar, Jangan Lupakan Sejarah

DPRD Kota Magelang

MAGELANG - Semua pelajar diingatkan tentang akan slogan “jangan sekali-kali melupakan sejarah”. Slogan tersebut merupakan sebuah penyemangat bagi generasi muda, karena dengan mengetahui sejarah, generasi muda akan mengerti jerih payah generasi pendahulu dalam membangun negara dan bangsa.

Dengan mengetahui sejarah dan wawasan kebangsaan, akan membangkitkan jiwa patriotisme dan nasionalisme pada diri generasi muda.

"Pelajar merupakan generasi penerus bangsa, yang ibaratnya tidak ikut merasakan pahit getirnya perjuangan kemerdekaan. Jangan lupa terhadap sejarah dan jangan lupa cinta tanah air," kata Danramil 19  Borobudur Kodim 0705/Magelang Kapten Arm Sudjarwanto saat memberikan Wawasan Kebangsaan di MI Maarif Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Upaya pembinaan terhadap generasi muda, khususnya bagi yang masih di bangku sekolah dasar, terus digiatkan oleh Koramil 19 Borobudur. Wawasan Kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara harus terus ditumbuhkan di kalangan generasi muda. Khususnya pelajar mulai tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA), agar mereka dapat memahami, menghayati betul hingga mereka mampu mengamalkannya.

"Bila Wawasan Kebangsaan sudah dipahami, maka para siswa akan sangat mudah mengamalkannya. Serta menjadikannya sebagai pedoman di kehidupan sehari-hari," kata Danramil.

Menurutnya para pelajar hendaknya dapat meresapi filosofi-filosofi luhur yang ditinggalkan para pendiri bangsa. Jika diresapi dan dipahami tentu keteladanannya akan selalu membekas di otak, pikiran dan hati para pelajar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang