SMA Mutual Kota Magelang

SD Alat IT Al - Hikmah memiliki sistem edukasi tersendiri bagi para siswa - siswinya. foto : Uzi Bayu / Siedoo

Daerah Inovasi

SD Alam Al Hikmah Ajarkan Toleransi Sejak Dini


MAGELANG – Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Sikap toleransi menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting, agar terciptanya saling menghargai dan menghormati.

Hal tersebut menjadi bagian edukasi tersendiri bagi SD Alam IT Al Hikmah. Berlokasi di Jl Stasiun Barat Krajan 1 RT 15 RW 05 Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terdapat siswa yang normal dan ada siswa yang berkebutuhan khusus dipadukan belajar bersama dalam satu atap.

“Kami mengajarkan sikap toleransi kepada anak sedini mungkin. Disini ada siswa yang berkebutuhan khusus, seperti ada anak yang kekurangan dalam kondisi fisik atau mental. Kami menyebutnya siswa atau anak spesial. Kami mendidik dan mengajarkan kepada siswa lain untuk bisa saling menerima perbedaan,” kata Rahmawati Wulan, S.Si, Waka Kurikulum SD IT Alam Al  Hikmah.

Harapannya, anak dari dini sudah terbiasa dan menyadari bahwa ada anak lain yang mempunyai kondisi yang berbeda. Selain itu, juga diajarkan untuk bisa bertoleransi dengan perbedaan tersebut, sehingga bisa menimbulkan empati yang tinggi.

Anak yang masuk ke sekolah tersebut tidak melalui tes, hanya dilakukan observasi siswa dengan melihat bagaimana kesiapan anak untuk masuk sekolah, kondisi emosial, adaptasi pergaulan dengan teman-temannya.

“Kami juga menyediakan guru khusus atau pendamping untuk anak yang spesial tersebut. Jika ada siswa spesial yang melakukan kegiatan belajar bersama-sama kurang mampu, maka nanti akan ada kelas khusus,” tuturnya.

“Dengan kami melakukan hal tersebut, kami bisa membedakan antara siswa spesial atau tidak. Kami, menerima siswa apa adanya dan kita juga menerima anak yang spesial atau berkebutuhan khusus, tapi berdasarkan kuota 1 kelas tersedia 2 siswa dengan kebutuhan khusus,” jelasnya.

Baca Juga :  Nadia Septiani, Gemar Berpuisi Sejak Kecil

SD Alam IT Al – Hikmah juga mempunyai aturan larangan siswa membawa uang saku, karena dari pihak sekolah sudah menyediakan. “Kami sediakan konsumi bagi siswa dan kami jamin untuk standar kesehatannya. Kami tidak mau siswa untuk jajan sembarangan di sekolah,” tegasnya.

Pada 2018 lalu, SD IT Alam Al – Hikmah juga mendapat prestasi juara terbaik 2 se-Provinsi Jawa Tengah dalam sekolah Adiwiyata, dimana sebuah integrasi antara kegiatan sekolah dengan kegiatan lingkungan hidup.

“Tahun 2019 ini kami dipercaya dan sedang mempersiapkan diri untuk maju Adiwiyata Nasional, mewakili provinsi Jawa Tengah dalam kegiatan Adiwiyata Nasional,” tambahnya. (Siedoo) 

Apa Tanggapan Anda ?