KERJA SAMA. Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dan Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIN Yogyakarta menjalin kerja sama di bidang sains dan teknologi. (foto: pemkotmgl)
Daerah

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkot Magelang dan IST AKPRIN Yogyakarta Jalin Kerja Sama

MAGELANG – Dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), Pemerintah Kota (Pemkot) Magelang dan Institut Sains dan Teknologi (IST) AKPRIN Yogyakarta menjalin kerja sama di bidang sains dan teknologi.

Walikota Magelang dr Muchamad Nur Aziz menyambut bahagia kerja sama ini. Tentunya untuk mendorong peningkatan sains dan teknologi di Kota Magelang. Ini diharapkan menjadi awalan yang baik dan ke depan bisa berjalan dengan lancar, serta dapat disesuaikan dengan program-program unggulan Kota Magelang.

“Kami bahagia dengan kerja sama ini untuk mendukung program-program Kota Magelang. Kami tertarik pada bisnis digital, dimana bisa diterapkan pada program “Magelang Keren” yang mendorong munculnya wirausahawan-wirausahawan baru di Kota Magelang,” ujar Dokter Aziz.

Kerja sama diawali dengan penandatanganan nota kesepakatan oleh Wali Kota Magelang dr. Muchamad Nur Aziz dan Rektor IST AKPRIN Edhy Sutanta di ruang kerja Wali Kota kantor Setda Kota Magelang, Senin (13/6/2022).

Hadir pula pada kegiatan tersebut Sekda Kota Magelang Joko Budiyono, Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Larsita, Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu beserta jajarannya.

Kepala Bappeda Kota Magelang Handini Rahayu menjelaskan, kerja sama dengan IST AKPRIN sebetulnya sudah terjalin sejak 2012 dan fokus pada elektronika/robotik. Sehingga ke depan melalui penandatangan kerja sama kali ini pihaknya ingin mengembangkan area kerja sama. Adapun bentuk kerja sama lebih mengedepankan pendampingan.

“Ke depan kami ingin memperluas area kerja sama sesuai dengan bidang seperti sains, statistik dan lainnya. Selain pada industri, kita juga tertarik pada bisnis digital yang match dengan program Magelang Keren. Kita mendorong terciptanya 1500 wirausahawan baru di Kota Magelang,” jelas Handini.

Rektor IST AKPRIN Edhy Sutanta menuturkan kerja sama Pemkot Magelang dan IST AKPRIN sebelumnya sudah berjalan, namun kali ini akan berlanjut dengan lebih memperluas bidang kerja sama sesuai dengan program-program yang ada di Kota Magelang.

“Mulai saat ini kita berkomitmen, ke depan bisa dikembangkan dan dilaksanakan secara riil. Banyak bidang yang bisa dikerjasamakan. Setelah ini bisa segera didiskusikan untuk menyusun program kegiatan kita,” terang Edhy.

Sejauh ini, hasil kerja sama yang sudah berjalan dengan baik dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Ke depan pihaknya akan memberikan pendampingan-pendampingan, tidak hanya yang berkaitan dengan robotik tapi juga bidang lain. (prokompim/kotamgl/siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?