Daerah

Tim PKM Untidar, Tingkatkan Gizi di Masa Pandemi

MAGELANG - Akademisi dari Universitas Negeri Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah turun ke lapangan mengatasi peningkatan imun masyarakat. Program pengabdian masyarakat ini dilangsungkan di Kelurahan Kramat Selatan, Kota Magelang.

Dalam pelaksanaannya, Tim PKM Untidar mengangkat tema "Variasi Menu Bergizi Seimbang Potensi Pangan Lokal di Masa Pandemi Covid-19” dalam bentuk booklet dan didistribusikan ke masyarakat Kelurahan Kramat Selatan, Kota Magelang. Kegiatan ini dijalankan melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai oleh DIPA Universitas Tidar tahun 2021.

Tim PKM dari Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar dilaksanakan oleh Karunia Galih Permadani, M. Sc., Ika Sukmawati, M. Pd. Serta mahasiswa Pendidikan Biologi yang berlangsung beberapa hari.

“Kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi masyarakat Kelurahan Kramat Selatan. Banyak ibu-ibu yang sudah mulai sadar akan pentingnya makanan bergizi guna mencegah penularan Covid-19,” kaya Ny Imam Sugiono yang ditemui Tim PKM Untidar di kediamannya.

Hal ini dirasa relevan mengingat penyusunan booklet ini melibatkan ahli gizi yang berpengalaman di bidangnya, Winda Susanti, S. Gz. Serta sejumlah riset gizi berskala nasional.

“Booklet ini memuat banyak informasi mengenai pencegahan penularan Covid-19 yang tentunya didasari pada variasi menu bergizi seimbang dari sumber pangan lokal yang ada di Magelang,” imbuh Karunia Galih Permadani, M. Sc. saat pemaparan booklet bersama Winda Susanti, S. Gz. Seorang ahli gizi asal Jawa Timur.

Tidak dapat dipungkiri bahwa booklet ini menjadi produk bermanfaat dalam kegiatan Tim PKM Untidar tahun ini. Di dalamnya memuat point penting meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemic, informasi lengkap gizi seimbang, sumber pangan lokal dan pengolahannya menjadi menu bergizi seimbang. Serta tabel AKG berbagai usia dan kondisi.

Baca Juga :  Wamenhan Hadiri Pembukaan Diksarmil Kadet Unhan di Akmil Magelang

“Saya mewakili ibu-ibu anggota PKK RT 01 mengucapkan terima kasih untuk Tim PKM Universitas Tidar pada tahun ini. Semoga dapat menjadi dedikasi dalam memutus rantai persebaran covid-19,” beber Ny Imam Sugiono.

Ia menyampaikan harapan dan ucapan terima kasih atas manfaat yang dirasakan dari pelaksanaan program tersebut. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil survei kegiatan bahwa masyarakat tertarik akan keberlanjutan program ini kedepannya serta perluasan bidang dari kegiatan PKM Universitas Tidar. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?