BERSAMA. Tim PTBS UNTIDAR dan tim dari Kampung Organik Sari Makmur sedang berpose bersama. (foto: ist)
Siedoo.com - BERSAMA. Tim PTBS UNTIDAR dan tim dari Kampung Organik Sari Makmur sedang berpose bersama. (foto: ist)
Daerah

Tim PTBS UNTIDAR Gandeng Kampung Organik Sari Makmur Menuju Ketahanan Pangan Keluarga

MAGELANG, siedoo.com – Tim Pengabdian Tematik Berbasis SDGs (PTBS) Universitas Tidar (UNTIDAR) bermitra dengan Kampung Organik Sari Makmur. Tim memberikan edukasi kepada masyarakat  di Kelurahan Kedungsari Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang mengenai pemanfaatan penanaman vertikal pada 28 Oktober 2023.

———

Tim pengabdian tersebut diketuai Karunia Galih Permadani, M.Sc berserta Ika Sukmawati, M.Pd sebagai anggota bersama mahasiswa.

Yang melatarbelakangi kegiatan ini salah satunya adalah UNTIDAR yang ditunjuk Kementerian Desa sebagai sentra SDGs yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di tingkat desa.

Salah satu goal dalam SDGs adalah ketahanan pangan yang sangat penting dan urgen untuk diperkuat. Karena dengan ketersediaan pangan dapat menciptakan kestabilan ekonomi.

Kelurahan Kedungsari merupakan salah satu area yang pembangunannya sudah sangat dinamis. Salah satu dampak adalah berkurangnya lahan kosong penghijauan di sekitar permukiman warga yang dapat menimbulkan dampak buruk salah satunya kesediaan lahan pertanian.

Dari permasalahan tersebut, tim PTBS UNTIDAR berkerjasama dengan Kampung Organik Sari Makmur berhasil menerapkan penanaman vertikal dan memanfaatkannya sebagai lahan pertanian.

“Kami berkolaborasi dengan Kampung Organik Sari Makmur berusahan untuk dapat menciptakan minat dan kesadaran masyarakat di Kelurahan Kedungsari agar dapat memanfaatkan lahan sempit dan lahan vertikal dengan cara penanaman vertikal guna mendukung ketahanan pangan keluarga,” kata Karunia Galih Permadani, M.Sc, Sabtu 2 Desember 2023.

Kegiatan diawali dengan diskusi dan penyusunan materi oleh tim PTBS dan tim dari Kampung Organik Sari Makmur yang akan dituangkan dalam bentuk leaflet dan video.

Kegiatan selanjutnya adalah membuat video edukasi mengenai penanaman vertikal serta praktiknya. Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan edukasi penanaman vertikal menggunakan leafleat dan video yang melibatkan anggota PKK RW 004 di Kelurahan Kedungsari disertai praktik penanaman secara langsung yang dipandu oleh tim dari Kampung Organik Sari Makmur.

Baca Juga :  Kuliah Umum, BNPT Ajak Majasiswa Waspada

“Kami tim dari Kampung Organik Sari Makmur mengucapkan terima kasih dan bangga sudah diajak bermitra oleh Untidar. Semoga dengan diawalinya kegiatan ini, kedepannya semakin banyak daerah di Kota Magelang yang dapat memanfaatkan lahan vertikal ini untuk ditanam guna mendukung ketahanan pangan,” kata Sochimah selaku Ketua Kampung Organik Sari Makmur.

Evaluasi dari kegiatan ini dilakukan dengan pengisian kuesioner. Sebagian besar masyarakat sasaran menyampaikan edukasi ini memiliki banyak manfaat dan dapat menumbuhkan keinginan untuk memanfaatkan lahan vertikalnya.

“Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini, saya jadi termotivasi untuk bisa menanam vertikal di pekarangan rumah. Lumayan untuk kebutuhan sayur mayur sahari-hari. Selain mendukung ketahanan pangan juga mendukung hidup hemat,” kata Bu Stefi anggota PKK RW 004. (rls/untidar)  

Apa Tanggapan Anda ?