ADV Daerah

Makin Tinggi, Produktivitas Mahasiswa Untidar Menulis Karya Ilmiah

MAGELANG - Bagi kalangan kampus, baik mahasiswa maupun dosen, menulis adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Mulai dari tugas kuliah, laporan kegiatan, hingga skripsi, tesis dan disertasi, semua tidak lepas dari aktivitas menulis.

Di Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah, produktivitas mahasiswa dan dosen dalam membuat tulisan-tulisan ilmiah, dapat dilihat melalui berbagai jurnal yang diterbitkan perguruan tinggi negeri itu.

Tulisan-tulisan ilmiah tersebut dapat ditelusuri melalui Portal Jurnal Elektronik Universitas Tidar, yaitu di jurnal.untidar.ac.id serta jom.untidar.ac.id.

Melalui link tersebut, masyarakat dapat mengetahui jurnal-jurnal ilmiah seperti Abdipraja, Tidar International Conference, Journal of Mechanical Engineering, Vigor dan sebagainya.

Tulisan-tulisan ilmiah yang dimuat dalam berbagai jurnal itu, sudah tentu, ditulis oleh para intelektual dan cendekiawan Universitas Tidar, berdasarkan latar belakang dan disiplin ilmu masing-masing. Sebagian dari karya-karya ilmiah itu ditulis dalam bahasa Indonesia, dan sebagian yang lain dalam bahasa Inggris.

Selain melalui jurnal, produktivitas mahasiswa dalam menulis juga dapat diketahui dari jumlah skripsi serta laporan kegiatan yang masuk ke database Perpustakaan Untidar, yakni repositori.untidar.ac.id/repositori.

Repositori Universitas Tidar ini merupakan repositori institusi, yang dibuat untuk melestarikan aset intelektual yang dihasilkan oleh perguruan tinggi itu. Serta, untuk memastikan bahwa aset keilmuan tersebut dapat diakses secara mudah dan lebih luas.

Keberadaan repositori ini, selanjutnya, diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan, baik dalam lingkup nasional maupun internasional.

Dicki Agus Nugroho, Pustakawan Universitas Tidar, menerangkan, banyaknya skripsi dan laporan kerja praktik yang masuk ke repositori Universitas Tidar bersifat fluktuatif dari tahun ke tahun. Ia mencatat, tahun 2018 ada sebanyak 725 skripsi dan laporan kerja praktik yang terdata.

Angka ini mengalami kenaikan di tahun 2019, yaitu 854. Sedangkan tahun 2020, tercatat sebanyak 742 skripsi dan laporan kerja praktik.

"Jumlah skripsi dan laporan kerja praktik yang kami input sejak tahun 2000 adalah sejumlah 5.637," terang Dicki, Kamis (28/1/2021). (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?