Daerah

GenBI Untidar dan Disperinaker Siapkan Kaum Muda Bekerja

MAGELANG - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Tidar Magelang menjalin kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, Sosial dan Transmigrasi (Disperinaker) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Keduanya menggelar program Sosialisasi Kaum Muda Siap Kerja pada salah satu kegiatan Bina Desa GenBI Untidar di MI Al Islam Purwosari Dusun Mertan, Desa Purwosari, Kecamatan Salaman, Jumat, (11/6/2021).

Sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemuda Desa Purwosari mengenai dunia kerja, peluang, tantangan serta tips dan trik membangun personal branding. Acara yang bertajuk pada pemaparan materi tersebut dihadiri 17 perwakilan pemuda desa tersebut. Diantaranya, 14 peserta dari Dusun Mertan dan tiga peserta dari Dusun Krinjing.

"Acaranya sangat bermanfaat bagi pemuda desa ini. Selain itu materi yang diberikan sangat mudah dipahami apalagi terkait dengan peluang usaha yang prospektif dan sesuai dengan keahlian kita," ungkap Ahmad Adi (21) salah satu peserta sosialisasi Kaum Muda Siap Kerja.

Dari 17 peserta tersebut terdapat empat peserta yang sudah mendapatkan pekerjaan. Sepuluh peserta yang belum mendapatkan pekerjaan, dan tiga peserta yang masih duduk di bangku sekolah.

Diharapkan dengan adanya sosialisasi tersebut pemuda Desa Purwosari akan mendapatkan wawasan terkait dunia kerja dan mendapat informasi terkait dengan lowongan pekerjaan yang ada di dalam dan di luar Kabupaten Magelang. Yaitu melalui bantuan Disperinaker Kabupaten Magelang.

Hariyanto, Pemateri sekaligus Pengantar Kerja Madya Disperinaker Kabupaten Magelang memberikan apresiasi pada GenBI Untidar dalam menggandeng Disperinaker pada program yang sangat bermanfaat untuk pemuda desa.

Sosialisasi dari GenBI bertujuan untuk meningkatkan wawasan pemuda Desa Purwosari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah mengenai dunia kerja. | foto : GenBI

"Program ini sangat luar biasa bagus, apalagi dengan kondisi desa yang jauh dari pusat kota dapat membantu masyarakat. Terutama pemuda desa ini agar dapat berwawasan luas dan memiliki sikap siap untuk bekerja," ungkapnya.

Baca Juga :  Jumlah Beasiswa PPA Tahun ini Berkurang

Lebih lanjut, Hariyanto juga mengatakan bahwa pemuda Desa Purwosari memiliki sikap yang bagus untuk dijadikan sebagai modal untuk bekerja. "Walaupun baru pertama kali bertemu, tetapi pemuda disini rasanya memiliki semangat yang tinggi untuk bekerja," kata Hariyanto.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris Desa Purwosari memberikan apresiasi kepada GenBI Untidar dan berterima kasih atas partisipasi Disperinaker dalam memberikan wawasan dan ilmu terkait dunia kerja kepada pemuda Desa Purwosari. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?