SEMINAR. Beberapa hari sebelum diwisuda, 300 mahasiswa UNTIDAR mengikuti "Seminar Karir" di kampus setempat. (foto: untidar)
Siedoo.com - SEMINAR. Beberapa hari sebelum diwisuda, 300 mahasiswa UNTIDAR mengikuti "Seminar Karir" di kampus setempat. (foto: untidar)
Pendidikan

Sebelum Diwisuda, 300 Mahasiswa UNTIDAR Ikuti Seminar Karir, Materinya Jleb!

MAGELANG – Sebanyak 300 mahasiswa Universitas Tidar (UNTIDAR), Magelang, Jawa Tengah telah diwisuda periode ke-61 pada Sabtu (6/8/2022) di Gedung dr. H.R. Suparsono. Beberapa hari sebelumnya, mereka mendapatkan pembekalan. Mereka mengikuti “Seminar Karir” di kampus setempat.

Kegiatan ini menghadirkan Mentor – HRD Specialist Recruter Tersertifikasi BNSP Aldino Radiansyah, S.Psi dan Alumni Sukses UNTIDAR,  Hasan Sulaeman Syah, S. P sebagai narasumber. Seminar Karir ini bertujuan untuk membekali calon wisudawan memasuki dunia kerja.

Aldino Radiansyah menyampaikan saat ini adalah era revolusi industri 4.0, menuju era society 5.0. Hampir semua hal berbasis digital, termasuk juga dunia kerja.

“Kondisi dunia kerja setiap bidangnya ada yang mengalami kenaikan, penurunan, dan ada yang cenderung stabil,” katanya dilansir dari untidar.ac.id.

Contoh bidang yang sedang mengalami kenaikan, lanjutnya, diantaranya adalah online learning, fast moving consumer goods atau yang biasa dikenal dengan istilah FMCG, logistic, digital marketing, dan e-commerce. Bidang yang sedang mengalami penurunan adalah industry penerbangan, pariwisata, restoran, retail dan properti.

“Bidang yang cenderung stabil adalah agribisnis, pendidikan, asuransi dan perbankan,” urainya.

Aldino juga mengatakan perusahaan saat ini lebih senang melakukan proses rekrutmen secara daring, akibat dari meningkatnya industri teknologi dan industri kreatif.

Tidak hanya itu, perusahaan juga memprioritaskan pekerja yang sudah berpengalaman, dan lebih selektif saat menggaet Fresh Graduated. Hal ini terjadi karena banyak perusahaan saat ini sedang berjuang untuk mempertahankan bisnisnya.

“Oleh karena itu, sebagai Fresh Graduated harus paham terhadap teknologi, paham akan posisi dan kontribusi yang akan diberikan, serta tidak lupa melakukan riset job portal,” jelasnya.

Pemateri kedua, Hasan Sulaeman Syah, S. P., adalah salah satu alumni sukses UNTIDAR.  Hasan adalah wirausahawan di bidang budidaya Anggrek.

Baca Juga :  Wartawan Ajak Mahasiswa Wujudkan Budaya Literasi

Hasan berbagi tips dan pengalaman berwirausaha. Untuk menjadi wirausahawan harus banyak mencoba dan jangan merasa takut, karena Tuhan sudah menyediakan jalan. Salah satu tips sukses yang dibagikan Hasan adalah Birul Walidain.

“Mau sukses, ya harus berbakti kepada orang tua. Setelah itu banyaklah bersyukur, caranya dengan menyisakan sebagian harta sesuai anjuran agama,” tuturnya.

Tak lupa ia berpesan kalau mau berwirausaha harus professional dan jangan main main dalam mengerjakan usaha. Hasan Sulaeman Syah, S.P. adalah alumni prodi Agronomi (sekarang Agroteknologi Faperta UNTIDAR). Selama kuliah, Hasan mulai jatuh cinta dengan tanaman anggrek.

Hingga karya skripsi-nya pun berjudul “Pengaruh Media Tanam dan Kerapatan Tanaman Pada Tumbuhan Anggrek Hidrodium Pada Media Fensinden”.

Selepas kuliah Hasan memutuskan untuk merintis bisnis Anggrek, hingga bisa berkembang pesat. Saat ini Hasan telah mempekerjakan sekitar 70 orang karyawan dan memiliki omzet 1,5 miliar per bulannya.

Sementara itu, Koordinator Tracer Study UNTIDAR, Tri Agus Gunawan, S.H., M.H. menyampaikan informasi kepada lulusan tentang pentingnya mengisi data Tracer Study.

“Yang dapat dijadikan rujukan kepada bidang akademik maupun bidang lain yang terkait untuk mengevaluasi berbagai program yang berhubungan dengan peningkatan kualitas lulusan,” tandasnya. (siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?