ADV Daerah

Tingkatkan Kualitas Anggota, Kopma “Wirausaha” Untidar Rajin Adakan Pelatihan

MAGELANG – Dalam sebuah koperasi, keberadaan anggota adalah “segalanya”. Anggota merupakan pendukung utama permodalan koperasi, sebagai wujud kemandirian usaha.

Anggota juga berperan sebagai pasar tertutup dari produk dan pelayanan koperasi. Tak kalah penting, bahwa anggota adalah pendukung sekaligus pelaksana atas segala keputusan organisasi.

Pentingnya keberadaan dan fungsi anggota inilah yang membuat Koperasi Mahasiswa (Kopma) “Wirausaha” Universitas Tidar Magelang, Jawa Tengah berupaya untuk selalu aktif memberdayakan serta meningkatkan kualitas segenap anggotanya. Berbagai kegiatan dilakukan, dalam rangka mewujudkan harapan tersebut.

Salah satu dari beragam kegiatan itu, misalnya, penyelenggaraan National Webinar bertema “Membangun Jiwa Kreatif, Inovatif dan Kompetitif dalam Merintis Bisnis Bermodal Kecil”. Seminar virtual ini diadakan pada Sabtu, 7 November 2020, dengan menghadirkan beberapa pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) sebagai pemateri.

Erizka Nurfitria, Ketua Umum UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Kopma “Wirausaha” Untidar, mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya juga akan mengadakan Sewira atau Sekolah Wirausaha. Ini merupakan semacam pelatihan, untuk memberikan keterampilan mengenai bidang tertentu bagi para anggota koperasi.

“Waktunya kira-kira dalam dua bulan ke depan. Tapi sebelumnya, kami akan terlebih dulu mengadakan Rapat Anggota Tahunan,” terang Erizka, Jumat (29/1/2021).

Sekolah wirausaha sebelumnya yang telah digelar Kopma Untidar yaitu Sewira Desain Grafis bertajuk “Melatih Kreativitas dan Skill Desain Grafis bersama UKM Kopma Untidar”, pada 31 Oktober 2020.

Seminggu sebelumnya, kopma ini juga telah mengadakan Sewira dengan tema “Meningkatkan Keterampilan Generasi Koperasi melalui Public Speaking yang Baik”.

Koperasi Mahasiswa “Wirausaha” Untidar berdiri pada 2013, tepatnya tanggal 1 Oktober. Namun, badan usaha baru terbentuk di tahun berikutnya.

Awalnya, koperasi ini hanya beranggotakan mahasiswa Fakultas Ekonomi. Dalam perjalanannya, mahasiswa dari fakultas lain juga turut bergabung.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diadakan pada Kamis, 26 Februari 2015 menjadi RAT pertama yang diadakan. Jumlah anggota saat itu tercatat sebanyak 45 mahasiswa.

Struktur kepengurusan Kopma Untidar terbagi dalam beberapa divisi. Antara lain, Divisi Adminhum yang meliputi staf administrasi, staf hubungan internal dan eksternal, dan staf media publikasi.

Divisi lainnya adalah Pengembangan Sumberdaya Anggota. Dalam divisi ini, terdapat pembagian tugas melalui staf pendidikan, staf anggota dan administrasi anggota, dan staf event.

Divisi berikutnya, yang merupakan “nyawa” dari sebuah koperasi maupun lembaga lainnya, yaitu Divisi Keuangan. Kopma Untidar membagi divisi ini ke dalam staf keuangan organisasi, staf simwa dan simpok (simpanan wajib dan simpanan pokok), serta staf usaha.

Divisi lainnya dalam koperasi ini adalah Divisi Usaha, yang mencakup staf toko, staf event, dan staf media usaha.

Kopma “Wirausaha” Untidar bergerak di bidang konsumsi, yakni dengan menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari. Koperasi memberikan kesempatan bagi para anggotanya untuk menitipkan barang konsinyasi, dengan sistem bagi hasil. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?