ADV Daerah

Tahun ini, Untidar Siap Terima 3.255 Mahasiswa Baru

MAGELANG - Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Jawa Tengah siap menerima sebanyak 3.255 mahasiswa baru di tahun 2021 ini. Kuota daya tampung mahasiswa baru itu, terdiri dari 3.010 untuk program strata 1, 230 di program diploma 3, serta 15 mahasiswa baru program pascasarjana.

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik Untidar, Dr. Ir. Noor Farid, M.Si., Rabu (03/02/2021). "Untidar mengundang para calon mahasiswa dan mahasiswi, untuk dididik memiliki jiwa wirausaha, melalui penguasaan teknologi dan inovasi," tegas Noor Farid saat ditemui Siedoo.com, di ruang kerjanya.

Para calon mahasiswa baru itu, lanjut dia, dapat mengikuti seleksi melalui beberapa jalur. Yang pertama, yaitu SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Ketentuan mengikuti SNMPTN, antara lain: SMA/SMK/MA memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional), dan mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). Sekolah yang hendak mendaftarkan siswa dan siswinya melalui SNMPTN haruslah yang terakreditasi, baik A, B maupun C.

"Sekolah dengan akreditasi A dapat mendaftarkan hingga 40 persen siswa/siswi terbaiknya. Yang akreditasi B 25 persen, dan sekolah berakreditasi C lima persen," terang Noor Farid, akademisi yang dikenal dengan berbagai karya penelitiannya di bidang pertanian ini.

Namun diingatkan, hanya siswa/siswi yang tergolong "eligible" saja yang dapat mendaftar melalui SNMPTN. Pengertian "eligible" adalah mereka yang memang dipilih oleh sekolah masing-masing, untuk mendaftar melalui SNMPTN.

Jalur kedua, yaitu SBMPTN-UTBK (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri-Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Calon mahasiswa yang hendak mengikuti seleksi lewat jalur ini, terlebih dulu harus melakukan pendaftaran melalui laman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ltmpt.ac.id

LTMPT merupakan lembaga yang menyelenggarakan ujian seleksi masuk perguruan tinggi. Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lolos SNMPTN 2021, tidak dapat mengikuti seleksi SBMPTN-UTBK 2021.

Selain SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021, para lulusan SMA/MA/SMK yang berkeinginan melanjutkan studi di Universitas Tidar Magelang, bisa juga mendaftar melalui jalur seleksi mandiri.

Namun, khusus untuk tes seleksi mandiri, pihak Untidar akan memberikan keterangan lebih lanjut dalam waktu dekat. "Kami nanti akan sampaikan lebih detail mengenai syarat-syarat dan prosedurnya," kata Staf Humas Untidar, Kusumo Wardani.

Untuk mendapatkan informasi mengenai penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru Universitas Tidar, para lulusan SMA/MA/SMK dapat menghubungi panitia PMB Untidar di nomor: 0852 9096 3266, atau melalui surel/e-mail: pmb@untidar.ac.id. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?