Daerah Kegiatan

Penting Dipahami, Peran Perempuan Tanggulangi Pandemi Covid-19

SEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Kartini tahun 2020, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Negeri Semarang (UNNES) mengadakan seminar secara daring. Seminar mengangkat tema, “Peran Perempuan dalam Penanggulangan Pandemi Global Covid-19”, (unnes.ac.id, 23/4/2020).

Ketua DWP UNNES  Dr. Barokah Isdaryati menyampaikan, narasumber pada seminar daring peringatan Hari Kartini yaitu Hj. Siti Atikoh Supriyanti Pranowo, Dr. Yuni Wijayanti serta di moderatori oleh Dr. Rodiyah, M.Si selaku Dekan Fakultas Hukum UNNES.

Ketua DWP UNNES  Dr. Barokah Isdaryati, mengimbau untuk waspada dan tidak memandang sepele wabah global Covid-19. Untuk itu tetap Stay at Home walaupun berkarir, bekerja bahkan sampai beribadah dilakukan di rumah. Budayakan rajin cuci tangan sebelum masuk rumah, memakai masker kemanapun ketika bepergian.

Upayakan jaga jarak (Social Distancing) minimal 1-1,5 meter. Serta memiliki kemauan dan kemampuan kolektif dalam bekerjasama untuk mencegah penularan wabah Covid-19.

“Dengan adanya seminar daring ini diharapkan dapat memberikan ilmu lebih dalam menangani masalah pandemi Covid-19,” ujarnya.

Peran Mengedukasi Keluarga

Hj. Siti Atikoh Supriyanti Pranowo mengatakan bahwa peran perempuan sangatlah penting. Di samping bertugas menjaga dan mengurus rumah tangga tapi juga berperan dalam mengedukasi anggota keluarga. Perempuan sebagai seorang individu yang membuat ritme dalam kehidupan rumah tangga berperan penuh atas pencegahan wabah Covid-19 dalam keluarga. Yaitu dengan meningkatkan imunitas anggota keluarga.

Ada cara unik dalam pencegahan wabah ini yang diberi nama “COVID” yaitu Cuci tangan dengan sabun yang benar, Olahraga ringan dengan teratur, Vitamin dan makanan bergizi diperbanyak, Imunitas yang harus ditingkatkan dan dijaga, dan Doa.

“Karena kegiatan di rumah kadang membosankan. Isilah dengan kegiatan yang positif yang menyenangkan seperti menjahit, membuat prakarya dan sebagainya,” ajak Istri Gubernur Jawa Tengah itu.

Lima Tips Belanja

Narasumber kedua Dr. Yuni Wijayanti selaku Direktur Puslakes dan Ketua Satgas Covid-19 UNNES menyampaikan beberapa tips. Tips ditujukan untuk ibu-ibu rumah tangga dan semua perempuan yang mengikuti seminar daring ini. Yaitu tips belanja, karena tips-tips lain untuk mengurus anak-anak, suami bahkan sanitasi dan sebagainya.

Tips-tipsnya antara lain: Pertama, pakailah masker saat berbelanja, sebisa mungkin si penjual juga memakai masker. Kedua, ketika belanja siapkan uang pas agar tidak menerima kembalian karena penularan dapat melalui benda-benda termasuk uang. Ketiga, tidak perlu menyentuh barang yang tidak akan dibeli.

Keempat, sebisa mungkin memiliki akses komunikasi dengan penjual agar tidak terlalu sering keluar rumah hanya untuk berbelanja. Terakhir kelima, cuci tangan setelah berbelanja,” ajak Dr. Yuni.

Harapan dari seminar daring tersebut dapat memberikan manfaat kepada perempuan perempuan Indonesia dalam pencegahan wabah Covid-19. Karena semua pihak harus bersama-sama berkemauan mencegah wabah yang melanda dunia tersebut. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?