Daerah Kegiatan

Kali Pertama, Jurusan PKK UNNES Gelar Karya Secara Virtual

SEMARANG – Menyikapi masa pandemi Covid-19 segala kegiatan disesuaikan dengan kondisi. Namun justru terkadang menumbuhkan inovasi dan kreativitas luar biasa yang sebelumnya tidak atau belum dilakukan. Seperti dilakukan Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Di mana jurusan ini menyelenggarakan Gelar Karya terbesar dan pertama kalinya mencatat sejarah, karena dilakukan secara virtual.

Dekan FT Dr. Nur Qudus, M.T., I.P.M. menyampaikan kegiatan Gelar Karya Virtual diselenggarakan sangat berbeda yaitu secara virtual melalui akun Youtube PKK UNNES dengan upaya melakukan pencegahan penularan Covid-19. Kegiatan Gelar Karya ini mengangkat tema Global Local Pengembangan Kulineri, Fashlon, Beauty and Craft Pada Era Industri 5.0. (unnes.ac.id, 2/7/2020)

Dikatakan Dr. Nur Qudus, dengan segala keterbatasan karena pandemi Covid-19 Jurusan PKK tetap semangat dan berusaha semaksimal mungkin mengungkapkan cintanya ke dalam produk-produk lokal, original hasil karya. Produk lokal yang diangkat adalah produk yang lokal yang dimodifikasi serta dikelola dengan bahan dasar serta teknik-teknik Internasional.

“Sehingga menciptakan hasil karya yang kreatif dan inovatif yang diharapkan memiliki nilai jual yang tinggi dan bereputasi Internasional,” katanya.

Dr. Nur Qudus mengungkapkan, setiap Prodi menampilkan karya dengan ciri yang berbeda. Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga menampilkan ciri Ekspersi Flaura Fauna dan Ikon Daerah, Prodi Pendidikan Tata Busana menampilkan kain tradisional. Prodi Tata Boga menampilkan Fashion Food, dan Prodi Tata Kecantikan menampilkan Flaura dan Fauna.

Sementara itu, Rektor UNNES Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum mengapresiasi prestasi mahassiwa PKK yang telah menyelenggarakan Gelar Karya secara virtual. Menurutnya, kreativitas merupakan anugerah terindah melalui insan kreatif tercipta karya-karya fenomenal.

“Ini merupakan semangat yang diusung jurusan PKK sebagai upaya untuk menjadikan karya-karya lokal di nusantara bisa mendunia. Sebuah prestasi yang luar biasa dari mahasiswa PKK yang ingin menghadirkan kreativitas mereka yang diperoleh melalui perkuliahan dan sinergi dari berbagai instansi,” kata Prof. Fathur.

Rektor berharap kegiatan ini dapat menginspirasi bahwa kreativitas adalah upaya dalam membentuk jalan terbaik meneguhkan insan di perguruan tinggi.

Ketua Panitia, Qori Zakiyyatussadiyyah, Kegiatan Gelar Karya diikuti 174 mahasiswa dengan 4 Prodi yang berbeda. Yaitu Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Prodi Pendidikan Tata Kecantikan, Prodi Pendidikan Tata Busana, dan Prodi Pendidikan Tata Boga. Kegeiatan ini diselenggarakan selama dua hari dari tanggal 1-2 Juli 2020. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?