Daerah Kegiatan

Ambil Peluangnya, Seleksi Mandiri Unnes 2020 Sudah Dibuka

SEMARANG – Universitas Negeri Semarang (Unnes) telah membuka jalur Seleksi Mandiri (SM-Unnes) S1 dan D3 2020 untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA atau yang sederajat, lulus ujian persamaan, atau yang setara lainnya (Paket C) tahun 2020, 2019, dan 2018.

Kepala UPT Humas Unnes Muhamad Burhanudin, S.S., M.A. mengatakan berkenaan dengan masih adanya wabah Covid-19, maka penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri Unnes ada perubahan. seleksi Mandiri yang sedianya dilaksanakan melalui Ujian Tertulis diganti dengan Seleksi Mandiri berdasarkan portofolio.

Pendaftaran secara online melalui https://penerimaan.unnes.ac.id/ mulai 18 Mei hingga 3 Agustus 2020. Pembayaran pendaftaran 18 Mei sampai 4 Agustus 2020 dapat dibayar melalui Bank BNI 46 di seluruh Indonesia dengan menunjukkan PIN pendaftaran. Sedangkan hasil seleksi akan diumumkan pada 13 Agustus 2020 secara online melalui http://penerimaan.unnes.ac.id.

"Biaya pendaftaran untuk pilihan kelompok Saintek/Soshum sebesar 250.000 rupiah, dan pilihan kelompok Campuran sebesar 300.000 rupiah. Khusus bagi pendaftar Jalur KIP-K tidak dikenakan biaya pendaftaran," kata Muhamad di laman unnes.ac.id (26/5/2020).

Langkah-langkah pendaftaran yakni pertama membuka laman http://penerimaan.unnes.ac.id. Kemudian menentukan skema SM-Unnes 2020 yaitu memilih SM-Unnes Reguler, atau SM-Unnes KIP-K. Kemudian, memilih kelompok program studi: Saintek, Soshum atau Campuran. Perlu diperhatikan, pilihan program studi bersifat final dan tidak bisa dirubah.

Mengisi formulir pendaftaran untuk memperoleh Personal Identification Number (PIN) sebagai syarat pembayaran biaya pendaftaran SM-Unnes 2020. Dengan menggunakan PIN pendaftaran, calon peserta melakukan pembayaran biaya pendaftaran dengan besaran sesuai dengan pilihan prodi yang diambil. Kecuali yang mendaftar melalui jalur KIP-K.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM, channel internet banking, atau Bank BNI di seluruh Indonesia dengan PIN pendaftaran sebagai kode pembayaran. Setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran, peserta menginput data nilai rapor semester 1-5 (nilai pengetahuan) dan prestasi.

Peserta wajib mengunggah scan dokumen rapor semester 1-5 melalui aplikasi, bagi peserta yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio/video di youtube dan menginput tautan di aplikasi. Peserta mengunduh dan mengisi form kesanggupan membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) melalui aplikasi, ditandatangani orang tua/wali di atas meterai Rp 6.000,00 kemudian diunggah kembali di aplikasi.

"Terakhir, pendaftar mencetak Kartu Peserta Seleksi Mandiri sebagai bukti pendaftaran," pungkas Muhamad. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?