Komunitas Mahasiswa Wonosobo (KMW), giat menyosialisasikan kampus Unnes untuk pemerataan pendidikan. (foto: unnes.ac.id)

Daerah

Begini Mahasiswa Unnes Semarang Sosialisasikan Kampusnya

DPRD Kota Magelang

SEMARANG - Dalam rangka pemerataan kesempatan belajar bagi seluruh anak bangsa, sejumlah mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang tergabung dalam organisasi mahasiswa daerah menggiatkan sosialisasi kampus Unnes di berbagai daerah.

Salah satu di antaranya adalah Keluarga Mahasiswa Wonosobo (KMW) yang melaksanakan kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2019/2020.

Kegiatan dilaksanakan dengan sistem door to door, mengunjungi beberapa Sekolah Menengah Atas sederajat untuk menyosialisasikan profil Unnes. Juga capaian prestasi, jadwal dan prosedur PMB, beasiswa hingga program studi yang tersedia.

“Hingga hari ini, kami telah melakukan sosialisasi di lebih dari 30 sekolah di Kabupaten Wonosobo. Mereka sangat antusias untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi di Unnes,” jelas Koordinator KMW, Agung Wibowo.

Rangkaian kegiatan sosialisasi, akan diakhiri dengan adanya University Day Out (UDO). UDO merupakan salah satu expo pendidikan tinggi terbesar di Wonosobo. UDO digagas oleh mahasiswa asal Wonosobo yang peduli terhadap pengembangan pendidikan di Wonosobo ke depan.

“UDO diselenggarkan pada Kamis (7/2/2019), di Gedung Sasana Adipura Wonosobo. Kegiatan diikuti oleh berbagai kampus se-Indonesia, termasuk Unnes,” jelasnya dilansir unnes.ac.id.

Agung menegaskan pentingnya  kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk dalam aspek pendidikan. Menurutnya, pemerataan kesempatan belajar dan memperoleh pendidikan tinggi yang layak adalah hak semua orang.

“Kita tahu bahwa kemiskinan, kriminalitas, dan tindak asusila merupakan dampak dari kurangnya core values pendidikan yang didapatkan oleh seseorang. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan taraf pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi,” kata mahasiswa semester tiga Unnes tersebut.

Agung menambahkan, sejatinya pendidikan tinggi tidak berorientasi pada pencapaian kerja lulusannya. Namun lebih kepada bagaimana karakter mereka dibentuk. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Dirgahayu RI Kota Magelang