Seleksi CPNS tahun 2018. l foto : poskotanews.com.

Nasional

BKN Berusaha Dekatkan Lokasi Tes CPNS


JAKARTA - Lokasi tes CPNS 2019 menjadi pertimbangan tersendiri bagi Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Untuk memudahkan para peserta dalam seleksi, BKN bersama instansi terkait berusaha mendekatkan dengan lokasi tes. Jangan sampai, pelamar terhalang oleh jarak lokasi tes.

"Kalau mendaftar kan bisa lewat online. Sedangkan untuk tes harus di lokasi-lokasi yang sudah ditetapkan Panselnas dan panitia seleksi daerah," kata Deputi Badan Kepegawaian Negara (BKN) bidang Sistem Informasi Kepegawaian, Suharmen, dilansir dari jpnn.com.

Total formasi CPNS 2019 yang akan dibuka sebanyak 197.111. Perincian untuk kementerian/lembaga sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi. Dari formasi tersebut, yang terbanyak untuk jabatan tenaga pendidik dan kesehatan.

Sementara itu, Kota Tangerang Selatan membutuhkan beberapa formasi. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah Tangerang Selatan ( Tangsel)  Apendi mengatakan, untuk saat ini Tangerang Selatan membutuhkan formasi tenaga pendidikan, kesehatan, dan tenaga teknis lainnya.

"Kami usulkan tenaga pendidikan, tenaga kesehatan dan juga tenaga teknis umum yang lain. Tapi kami belum dikasih tahu berapa banyaknya (kuota)," kata Apendi dilansir dari kompas.com.

Apendi mengatakan, saat ini sudah mengajukan sebanyak 150 CPNS untuk mengisi formasi yang dibutuhkan Tangsel. Namun angka tersebut masih dipertimbangkan mengingat ada 139 PNS yang pensiun tahun ini.

"Kami mengusulkan 150 kemarin, mudah-mudahan (angkanya)  lebih dari itu. Karena pensiun tahun ini 139, makanya kami sesuaikan dengan itu," kata Apendi.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat akan menerima formasi CPNS sebanyak 393. Jumlah tersebut untuk ditempatkan di sejumlah instansi pemerintah di wilayah itu.

Sementara, formasi yang dibutuhkan dalam penerimaan tahun ini, terdiri atas tenaga teknis, guru, tenaga kesehatan, tenaga administrasi, apoteker, dan sejumlah tenaga profesi lainnya.

"Kita telah mengusulkan 393 orang CPNS yang dibutuhkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi di Jakarta," jelas  Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Aceh Barat, Ir Aswin dilansir dari serambinews.com. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?