Nasional

Ini Harapan Kepala BKN kepada Panitia CPNS

JAKARTA – Badan Kepegawaian Nasional (BKN) terus melakukan koordinasi dalam perekrutan CPNS tahun 2018 ini. Dengan jumlah penerimaan sebanyak 238.015 formasi ini, tentu membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang tidak sedikit dalam menjaring putra-putri terbaik bangsa. Terutama saat hari H tes seleksi CPNS.

Kepala BKN, Bima Haria Wibisana berharap dalam seleksi CPNS nanti melibatkan seluruh pegawai yang tidak hanya mengerti komputer.

“Namun, dapat diandalkan dan dipercaya,” kata Bima dalam Persiapan dan Pengorganisasian Tata Kelola Pelaksanaan CPNS Tahun 2018 dengan menghadirkan perwakilan 14 Kantor Regional (Kanreg) dan Unit Pelayanan Terpadu (UPT) di Hotel Santika Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis (04/10/2018).

Bima menambahkan, dalam perekrutmen CPNS ini juga melibatkan pihak Polri untuk mendukung semua kegiatan selama seleksi CPNS berlangsung nantinya.

“Bersikaplah transparan dan akuntabilitas dalam setiap pekerjaan. Selesaikan setiap permasalahan yang ada tanpa mengeluh,” katanya dilansir dari bkn.go.id.

Sekretaris Utama BKN, Supranawa Yusuf menjelaskan, secara rinci terkait persiapan dan pelaksanaan SKD dan SKB, hingga tahap evaluasi dan penetapan NIP akan dilakukan BKN.

Yusuf berharap masing-masing Kanreg dan UPT BKN menyiapkan sebaik-baiknya dengan semua fasilitas secara maksimal dan tidak lupa untuk membuat laporan hasil di akhir kegiatannya.

“Titik lokasi tes tersebar di seluruh Indonesia dengan sistem fasilitas BKN, fasilitas mandiri, cost sharing dan UNBK Kemendikbud,” jelasnya.

Lowongan Terbanyak Guru

Di tahun ini, lowongan yang paling banyak dibuka adalah guru. Level tenaga pendidik ini mencangkup guru kelas dan mata pelajaran, guru madrasah, maupun guru agama.

Berikut perinciannya:

  1. Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di kabupaten/kota sebanyak 12.000 formasi
  2. Guru kelas dan mata pelajaran sebanyak 88.000 formasi
  3. Guru agama sebanyak 8.000 formasi

Alur Pendaftaran

Setelah mengetahui secara persis kuotanya, maka penting untuk mengetahui alur pendaftarannya. Berikut alurnya.

1. Pelamar membuka web sscn.bkn.go.iddan membuat akun SSCN 2018. Informasi penerimaan CPNS 2018 dapat dilihat melalui portal SSCN.

2. Panduannya adalah sebagai berikut.

a) Untuk melakukan pendaftaran, pelamar memilih menu registrasi.

b) Pelamar mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK Kepala Keluarga.

c) Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN dan pertanyaan keamanan.

d) Pelamar mengunggah pas foto ukuran 120-200kb dengan format .JPG atau .JPEG. Jangan lupa untuk mencetak dan menyimpan kartu informasi akun SSCN 2018.

3.Pelamar melakukan login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pelamar melengkapi data dan mengunggah dokumen.

a) Pelamar mengunggah foto diri, memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

b) Pelamar melengkapi biodata dengan benar.

c) Pelamar memilih instansi, formasi, dan jenis jabatan sesuai pendidikan (pelamar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi).

d) Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia. Pastikan mengisi data dengan benar.

e) Klik simpan data yang telah dicek di resume. Data yang telah diklik kirim tidak dapat diubah dengan alasan apa pun.

f) Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi.

g) Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form resume, jangan lupa untuk mencetak kartu pendaftaran SSCN 2018. Kartu pendaftaran SSCN digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui SSCN 2018.

5. Langkah selanjutnya akan dilakukan oleh tim verifikator instansi. Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan oleh pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.(Sideoo)

Apa Tanggapan Anda ?