Upacara Pembukaan Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Paskibraka SMA/SMK Kota Magelang di halaman kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Jawa Tengah, Senin (1/7/2019). foto : Humas Pemkot Magelang

Daerah

Kota Magelang Sumbang Dua Pelajar Paskibraka ke Provinsi dan Nasional


MAGELANG - Pelajar di Kota Magelang, Jawa Tengah patut berbangga diri. Perwakilan dari mereka ada yang dipercaya menjadi pengibar bendera tingkat Provinsi Jawa Tengah. Bahkan ada juga yang dipercaya maju mewakili Kota Magelang ke tingkat nasional.

Dua siswa tersebut adalah Muhammad Fanny Nur Wibowo dari SMA Negeri 1 Kota Magelang untuk Paskibraka tingkat nasional. Fithriya Nurhana dari SMA Negeri 3 Kota Magelang untuk Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Keduanya merupakan anggota tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kota Magelang 2019 yang telah lolos seleksi.

Selanjutnya mereka akan mengikuti Puslatda Paskibraka Jawa Tengah di Semarang untuk tingkat provinsi, mulai 4 Agustus 2019. Sementara tingkat nasional harus mengikuti Pusdiklat di Jakarta, pada 25 Juli 2019.

"Pelatihan dan pembinaan dilaksanakan dimulai akhir Juni 2019 sampai menjelang upacara. Kegiatan dipandu langsung oleh pelatih yang berkompeten di bidang Tata Upacara Bendera Peraturan Baris Berbaris (TUB PBB)," kata Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Magelang, Susilo Handoyo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Magelang Djarwadi menyatakan bahwa  Paskibraka melatih siswa menjadi pribadi yang cakap, disiplin, terampil dan membentuk jiwa kepemimpinan. Diharapkan pula ke depan mereka akan berdedikasi membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita patut berbangga atas pencapaian prestasi ini. Sebab ada dua anak dari tim Paskibraka 2019 yang menjadi duta Kota Magelang menjadi tim Paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah dan nasional," ungkap dia, saat membuka Pusat Latihan Daerah (Puslatda) Paskibraka SMA/SMK Kota Magelang di halaman kantor Disporapar, Senin (1/7/2019).

Dengan demikian, ada 43 dari sebelumnya 45 siswa yang menjadi Paskibraka Kota Magelang 2019. Mereka akan mengemban tugas mengibarkan bendera pusaka pada upacara peringatan HUT ke-74 RI tingkat Kota Magelang.

Adapun Puslatda Paskibraka Kota Magelang diikuti oleh seluruh anggota, terdiri dari 25 siswa dan 20 siswi. Hadir dalam upacara pembukaan Puslatda para orangtua/wali siswa, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Magelang 2018, instrukur dan pelatih pendamping dari Polres Magelang Kota dan Kodim 0705 Magelang.

"Gunakanlah kesempatan kali ini berlatih, berdisiplin, bekerjasama, kompak serta serasi dalam suatu tim yang solid," jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
Ads Samanata