Daerah

Hadapi Ujian Nasional, Pastikan Kesiapan Siswa dan Sarpras UNBK

MAGELANG – Sesuai jadwal, tinggal sebulan lagi akan dilaksanakan Ujian Nasional (UN) tingkat SMK/MAK. Sehingga setiap siswa kelas XII harus mempersiapkan diri fisik dan mentalnya. Selain itu, karena penyelenggaraannya berbasis komputer, maka perangkatnya pun harus dipastikan mampu beroperasi secara optimal.

Demikian dikatakan Kepala SMK Negeri 1 Windusari Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Uu Sanusi, M.T. Siswa kelas XII, lanjut Sanusi, perlu selalu dipantau oleh guru maupun orang tua agar mereka benar-benar siap menghadapi UNBK mendatang.

“Karena anak-anak zaman sekarang mudah terpengaruh hal kurang bermanfaat yang justru mengganggu konsentrasi belajarnya. Sehingga guru dan orang tua perlu mengontrol belajar anak,” kata Sanusi di ruang kerjanya, Senin (17/2/2020).

Selanjutnya Sanusi mengungkapkan pihaknya juga menggelar gladi bersih UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) di sekolahya, minggu ini. Menurut Sanusi hal ini guna mengukur kesiapan sarana dan prasarana (sarpras) UNBK. Juga kesiapan sambungan internet dan kesiapan siswa.

“Dari 352 peserta UNBK, kami bagi menjadi tiga sesi dalam gladi bersih ini,” ungkap Sanusi.

Tak hanya itu, memastikan kesiapan sarpras dan kesiapan siswa perlu dilakukan untuk meminimalisir kendala yang mungkin terjadi selama berlangsungnya UNBK. Sanusi menuturkan, gladi bersih UNBK ini juga membantu siswa mengetahui gambaran materi soal yang akan dihadapi.

“Sekaligus familisasi dengan perangkat UNBK. Sehingga anak sudah tidak canggung lagi menggunakan sarpras UNBK nantinya,” tuturnya.

Diketahui Jadwal UNBK SMK/MAK tahun pelajaran 2019/2020 akan dilaksanakan 16-19 Maret 2020. Sedangkan mata pelajaran yang akan diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?