Advertorial Daerah

Penuhi Branding Great School, SMPN 1 Kota Magelang Dua Kali Juara Umum Paskibraka

MAGELANG  - Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Magelang, Jawa Tengah kembali mengukir prestasi dan mempertahankan piala bergilir dalam lomba Paskibraka tingkat kota setempat. Prestasi tersebut merupakan kejuaraan kedua kalinya sebagai juara umum dari tahun sebelumnya yang diselengarakan Dinas Pariwisata dan Olahraga (Dispora).

Alhamdulillah kami bersyukur. Siswa kami selain akademisnya bagus, ternyata masih mampu untuk beprestasi dalam bidang yang lain. Moto kita Tiada Hari tanpa Prestasi. Branding kita sekolah berkarakter dan berprestasi. Jadi branding sekolah kita ialah Great School,” kata Kepala SMP N 1, Nurwiyono, Selasa (10/12/2019).

Dirinya menambahkan, pada periode berikutnya mendapat juara umum sampai tiga kali, maka pialanya menjadi hak milik SMP N 1 Magelang.

Pembinaan siswa yang mengikuti lomba, sebelumnya dimulai dari internal terlebih dulu. Selain itu, yang sudah mempunyai pengalaman dalam hal baris berbaris, membagikan pengalaman dan pengetahuannya.

“Ketika evaluasi. Saya tidak pernah menyalahkan tetapi saya memotivasi. Kemudian saat finishing latihan kita memang bekerja sama dengan Rindam IV Diponegoro dalam beberapa kali pertemuan. Sebelumnya pada awal dan rutinitas dari sekolah dengan pelatih dariu guru Penjaskes,” jelasnya.

Menurutnya, Paskibraka mempunyai kaitan dengan jiwa nasionalisme siswa, disipilin, keterampilan, kerja sama, tanggung jawab, punya dedikasi, rasa percaya diri dan merupakan salah satu pendidikan karakter.

Penyerahan piala kepada siswa dilaksanakan usai upacara bendera di sekolah. Pada kesempatan itu, dilakukan penyerahan lima piala sekaligus kepada para siswa berprestasi. Di antaranya, Piala Juara Umum Paskibraka, Juara 1 Pembawa Acara.

Lalu, Juara 1 Pengatur Upacara Terbaik, Juara 2 Modern dance tingkat Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Juara 2 Lomba Poster tingkat SMP Kota Magelang dalam memperingati HUT SMAN 3 Kota Magelang.

Salah satu siswa berprestasi yang mendapat juara umum Paskibraka, Arif Putra Effendy mengutarakan, dalam latihan untuk persiapan lomba tidak hanya latihan baris berbaris. Namun, diimbangi dengan doa sehingga merasa lebih yakin untuk bisa dapat juara.

Alhamdulillah merasa bersyukur bisa kedua kalinya SMPN 1 sebagai juara umum. Berharap semoga tahun berikutnya bisa mendapat juara umum lagi dan juara satu di setiap kategorinya,” tuturnya.

Dirinya mengaku, sebelumnya pernah mendapat juara umum pada Kemah Kebangsaan dan juara 2 cabang  scout talent dalam Jambore Daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?