Daerah

Pencarian Siswa Terbaik untuk Paskibraka

MAGELANG - Siswa - siswi SMA / SMK / MA se Kabupaten Magelang, Jawa Tengah bersaing dalam kebaikan. Sebanyak 101 siswa mengikuti kompetisi seleksi Paskibraka selama dua hari di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Para siswa tidak hanya dari sekolah berstatus negeri saja, tetapi juga ada siswa dari status swasta.

"Hasil seleksi Paskibraka ini akan mengibarkan bendera pada upacara 17 Agustus yang akan datang. Selain itu juga akan dikirim mengikuti seleksi tingkat provinsi dan tingkat nasional," kata Eddi Suharto, Kasie Kepemudaan Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang, Rabu (25/4/2018).

Ketua penyelenggara ini menjelaskan bahwa, peserta seleksi yang diikuti 101 siswa ini nantinya akan diambil 30 terbaik setelah melalui seleksi dengan materi yang diujikan. Antara lain tentang ahlak dan kepribadian, kesegaran jasmani, fisik dan penampilan, pengetahuan umum dan prestasi khusus. Ada juga kemampuan baris berbaris, keterampilan / pengetahuan seni budaya dan kemampuan berbahasa inggris (sertifikat TOEFL).

Adapun dari 101 siswa yang mengikuti seleksi, 50 orang adalah siswa perempuan dan 51 siswa laki - laki. Para siswa merupakan perwakilan dari kelas X SMA/SMK/MA se wilayah Kabupaten Magelang.

Plh Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Magelang Edi Susanto, S.Sos. merasa bersyukur dapat bertemu bertatap muka dengan orang - orang pilihan wakil dari sekolah di Kabupaten Magelang. Siswa akan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Yang terpilih diantara 101 siswa nantinya akan melaksanakan tugas mengibarkan bendera pada peringatan kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus yang akan datang.

“Hari ini tidak sekedar memilih personel pengibar bendera, namun juga dalam rangka pembinaan wawasan kebangsaan,“ katanya.

Meskipun kedatangan para siswa dengan penuh semangat berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Namun, jangan mengabaikan persatuan dan kesatuan.

”Apa artinya SDM yang cerdas kalau tidak cinta tanah air,“ katanya.

Apa Tanggapan Anda ?