Sertu Juyono berpose bersama Nensi Mirna dan para guru di depan SMA 25 Garut, Jawa Barat. (foto: harianpelita.co)

Tokoh

Inspiratif, Anggota TNI Tolong Gadis Putus Sekolah Hingga Mengajar di Lapas


Siedoo, Seorang anggota TNI di Garut, Jawa Barat bernama Sertu Juyono menjadi perbincangan, berkat aksinya saat menolong gadis putus sekolah viral di media sosial. Sederet kebaikan ternyata pernah ditorehkan oleh pria yang akrab disapa Bang Yono ini.

Selain menolong Nensi Mirna, pelajar SMAN 25 yang berniat putus sekolah karena tak punya biaya, Bang Yono juga membantu merenovasi rumah milik warga kurang mampu yang hancur akibat bencana. (harianpelita.co)

Alhamdulillah ada beberapa rumah yang kita bantu. Kalau dinominalkan sih tidak banyak, yang penting kami ikhlas menolong orang yang membutuhkan,” ujar pria yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) di Koramil 1110/Banyuresmi, Garut ini.

Yono mengaku ikhlas menolong meskipun terkadang ia mengaku tak punya duit. Beragam cara ia lakukan untuk menolong, salah satunya mengumpulkan teman-temannya yang ingin berdonasi.

“Saya mungkin lebih ke penyalur saja. Yang pasti yang bantu ini bukan saya saja,” katanya.

Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1110/Banyuresmi, Garut, Jawa Barat, Sertu Juyono. (foto: detik.com)

Yono juga kerap aktif memotivasi masyarakat binaannya. Termasuk ia menjadi guru ‘kesabaran’ di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Garut.

“Setiap Selasa ikut di Lapas memberikan motivasi bagi para narapidana. Saya sharing saja kepada mereka, tidak menggurui mereka. Saya cuma kasih mereka motivasi, harus bagaimana nanti setelah keluar dari Lapas,” tutur Yono dilansir detik.com.

Dia berharap aksinya menjadi inspirasi bagi sesama. Prinsip hidupnya, dia ingin menjadi obat di mana pun bertugas. Meskipun tidak dengan materi namun dengan sedikit kemampuan yang dia miliki.

Kisah Bang Yono, yang kini disebut ‘tentara baik’ oleh sejumlah warganet ini masih hangat diperbincangkan. Komandan Yono di Koramil 1110/Banyuresmi, Kapten Infanteri Saripin mengaku bangga dengan salah satu bawahannya ini.

Baca Juga :  Siswa Rela Berpanas - Panasan Ikuti Pendidikan Bela Negara

“Saya sangat mendukung apa yang dilaksanakan oleh Pak Yono. Dia melaksanakan tugasnya dengan baik, salah satunya mengatasi kesulitan masyarakat,” ujar Saripin di kantornya. (*)

Apa Tanggapan Anda ?