Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Sulistyo. (foto: medcom.id)

Daerah

Hadapi UNBK 2019, Jateng Siap 100 Persen


SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) memastikan seluruh SMA, MA, dan SMK sederajat di Jateng siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019. Kesiapan tersebut baik sekolah swasta maupun sekolah negeri.

“UNBK di Jateng sudah 100 persen. Persiapan baik sekolah negeri maupun sekolah swasta sudah siap,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng Sulistyo di Semarang, Rabu (13/3/2019) dilansir medcom.id.

Sulistyo mengatakan, 437.967 siswa SMA, MA dan SMK sederajat akan mengikuti UNBK nanti. Sebanyak 190.878 di antaranya merupakan siswa SMA dan MA, sedangkan 247.089 siswa lainnya merupakan pelajar SMK. Seluruh siswa itu terbagi dalam 1.514 SMA dan MA serta 1.538 SMK di Jawa Tengah.

Disdikbud Jateng mengupayakan UNBK di tiap sekolah nanti digelar dalam dua sesi, pagi dan siang. Sebagian sekolah penyelenggara UNBK belum bisa menggelar ujian secara mandiri dan masih menumpang ke sekolah lain. Sekolah yang masih menumpang atau menginduk itu karena belum terakreditasi Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

“Sekolah yang belum bisa menggelar UNBK secara mandiri, nanti bisa menginduk ke sekolah lain yang ada di dekatnya. Kami optimistis seluruh siswa bisa melaksanakan UNBK. UNBK ‘kan bagus, selain hemat kertas, validitas data siswa juga lebih terjaga,” terangnya.

UNBK tahun ini jadwalnya berbeda dengan tahun sebelumnya. UNBK untuk siswa SMK, digelar mulai 25-28 Maret. Sedangkan siswa SMA maupun MA, akan digelar pada 1, 2, 4, dan 8 April mendatang.

“Jadwalnya maju. Kalau tahun sebelumnya biasanya digelar April-Mei, sekarang mulai Maret. Selain agar tidak bersamaan dengan pemilu, juga untuk menghindari bulan puasa dan lebaran,” bebernya.

Terkait dengan kendala pelaksanaan UNBK, Sulistyo mengaku sudah melakukan langkah-langkah antisipasi. Disdik Jateng juga sudah berkirim surat kepada PLN supaya tidak ada pemadaman dan seandainya ada gangguan, pihaknya sudah menyediakan genset.

Baca Juga :  Jangan Jadikan Ujian Nasional Sebagai "Berhala" Pendidikan

“Jangan khawatir terkait gangguan listrik maupun sambungan internet saat UNBK,” ujarnya ditulis antaranews.com. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?
SD Mutual Kota Magelang