Daerah

Tak Ada Jaringan Internet, SMA di Kalsel Ini Pinjam Ruangan SMP untuk UNBK

KOTABARU - Pelaksanaan UNBK di SMA secara serentak sudah dilaksanakan, hari ini, Senin (1/4/2019). Persiapan demi persiapan telah dilakukan termasuk di wilayah pulau yang jauh dari perkotaan. Misalnya saja di Kecamatan Pulau Sembilan Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan (Kalsel) yang jaraknya sekitar 8 hingga 12 jam dari ibu kotanya.

Nah di SMAN 1 Pulau Sembilan, persiapan pun dilaksanakan. Hanya saja, mereka tidak melaksanakan di sekolahnya. Melainkan, harus meminjam ruangan di SMPN 1 Pulau Sembilan.

Penyebabnya, di wilayah tersebut tak memiliki jaringan. Padahal dari segi fasilitas cukup memadai. Namun, jaringan telepon dan internet hampir tidak ada. Sebab, itu pihak sekolah harus meminjam ruangan SMP yang jaraknya sekitar 1 kilometer.

Hal ini diakui Kepala SMAN 1 Pulau Sembilan, Pallawagau. Dia mengatakan tidak ikut SMP namun hanya meminjam ruangannya karena hanya ada sinyal di sekolah itu. Dari segi peralatan, SMA yang dipimpinnya, cukup lengkap.

“Kendala kami cuma jaringan. Kalau sarana prasarana cukup lengkap semua,” katanya dilansir tribunnews.com.

Pallawagau mengatakan jumlah unit komputer di sekolahnya sebanyak 25 unit dan satu server. Ditambah lagi satu cadangan server yang dimiliki pihak SMPN 1 Pulau Sembilan.

“Jadi cukup saja. Sementara peserta UNBK kami ada 41 siswa terdiri dari jurusan IPA, 21 siswa dan jurusan IPS, 20 siswa,” katanya.

Sementara untuk listrik yang biasanya hanya dinikmati selama 12 jam saat di malam hari, juga akan menyala di siang hari. PLN sudah siap dengan pelaksanaan UNBK tersebut terkait listriknya.

Alhamdulillah siap, kemarin saya sudah ke PLN cabang Kotabaru untuk mengusulkan supaya lampu hidup pada saat UN. Dan ke Telkomsel di Simpangempat Tanahbumbu supaya pada saat pelaksanaan UN, sinyal baik dan stabil. Semuanya kami surati,” katanya.

Dia bersyukur, sebab respon dan siap menyalakan listrik di siang hari. Pihak Telkomsel juga langsung meminta titik koordinat tower tempat pelaksanaan UNBK.

Terpisah, Manager KSA atau Humas PLN Kotabaru, Andika, mengaku berkomitmen mendukung pasokan listrik untuk pelaksanaan UNBK.

“Komitmen PLN akan menjaga keandalan pasokan listrik. Pemadaman listrik terjadi akibat gangguan atau kerusakan (tidak terencana) dan akibat pemeliharaan atau pembangunan (terencana). Bila ada jadwal padam (terencana) yang bersamaan waktu pelaksanaan UNBK, PLN akan menjadwalkan ulang di waktu yang lain,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?