Nasional

Reni Berharap UNBK Lebih Disempurnakan di Tahun Mendatang

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Reni Marlinawati mengapresiasi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019. Menurutnya pelaksanaannya di tingkat SMA, SMK dan sederajat, pelajar SMP dan sederajat, serta pelajar SD dan sederajat pada Maret-April lalu jauh lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Saya mengucapkan selamat atas pelaksanaan UNBK yang jauh lebih baik dari tahun sebelumnya,” kata Reni dilansir dari dpr.go.id.

Dinyatakan, hal tersebut merupakan momentum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik.

“Terutama dalam menghadapi kemajuan teknologi,” ungkap perempuan berjilbab ini.

Menurut legislator F-PPP itu, keberhasilan juga dapat dilihat dari reaksi pelajar dalam menghadapi tingkat kesulitan soal penalaran atau High Order Thinking Skill (HOTS).

“Tahun ini tidak ada respon berlebihan dari pelajar. Semuanya relatif berjalan tertib, baik dan kredibel. Maka perlu diapresiasi,” imbuh Reni.

Bahkan ia mendapat informasi, nilai yang didapatkan pelajar perempuan lebih tinggi daripada pelajar laki-laki.

“Sebagai perempuan saya bangga akan hal ini, karena kita tahu peran perempuan sangat penting dalam memajukan bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” apresiasinya.

Meskipun pelaksanaan UNBK tidak ditemukan kendala, ia berharap pemerintah terus melakukan penyempurnaan dalam menghadapi UNBK selanjutnya.

“Tinggal penyempurnaan saja baik dalam pelaksanaan maupun dalam proses belajar pelajar. Karena UNBK tidak bisa ditawar lagi,” tutup Reni.

Dalam pelaksanaan ujian tersebut, hasilnya DIY menjadi peraih nilai terbaik pelaksanaan ujian nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, rata-rata nilai UNBK tingkat SMK di DIY pada tahun ini meningkat dari rata-rata nilai UNBK pada tahun lalu.

Pada pelaksanaan UNBK 2018 nilai rata-rata SMK di DIY yakni 219.05. Sedangkan UNBK 2019 nilai rata-rata meningkat menjadi 221.31

"Untuk SMK kita bisa mendapatkan nilai terbaik rata-rata nasional. Sehingga kalau kita lihat, anak-anak SMK tahun ini ada peningkatan yang cukup signifikan dari sisi rata-rata nilai seluruh DIY," ujarnya dilansir dari tribunnews.com.

Lanjutnya, DIY juga sudah tiga kali berturut-turut meraih peringkat pertama untuk hasil UNBK tingkat SMK tertinggi se-Indonesia.

"Peringkat satu sudah tiga kali berturut-turut, sebelumnya (DIY) peringkat ke-3. Kalau (peringkat terbaik) SMA kami belum dapat sampai hari ini. Selama ini yang
diumumkan baru SMK," jelasnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?