Daerah

Ogan Ilir Komit Terapkan UNBK 100%, Kemendikbud Mengapresiasi

OGAN ILIR – Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan berkomitmen menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada penyelenggaraan tahun 2019. Penerapannya akan berlangsung 100 persen.

Bupati Ilyas Panji Alam menyatakan pencapaian penyelenggaraan UNBK 100 persen setahun lalu sebagai hasil dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan pelaksanaan UNBK 100 persen," katanya dilansir dari kemdikbud.go.id.

Tahun lalu, menurut Ilyas, Kemendikbud memberikan bantuan sebanyak 800 unit komputer dan server kepada 70 sekolah untuk menunjang pelaksanaan UNBK.

"Kemendikbud telah mendukung pembangunan pendidikan dan kebudayaan dengan berbagai bentuk dukungannya," tandasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi atas sikap proaktif Kabupaten Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir untuk mendukung pelaksanaan UNBK secara tuntas. Pencapaian ini sesuai dengan target nasional untuk pelaksanaan UNBK 2019.

"Target 2019 ini untuk SMP paling tidak bisa 100 persen, sedangkan SMA itu bisa 100 persen," ujar Muhadjir.

Pelaksanaan UNBK, menurut Muhadjir, dapat menopang pembangunan yang bergerak cepat. Kkhususnya, sumber daya manusia (SDM). Tahun 2019, lanjutnya, pembangunan akan ditekankan bukan hanya pada pembangunan fisik tapi juga SDM Indonesia.

"Mulai tahun 2019 ini, pemerintah tidak hanya memperhatikan pembangunan infrastruktur, tidak hanya memperhatikan pembangunan jalan tol, lapangan terbang, pelabuhan, tapi juga memperhatikan pembangunan SDM," ujarnya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?