SMP IT Ikhsanul Fikri tengah mempersiapkan fasilitas yang akan dipergunakan untuk UNBK.

Daerah

SMP IT Ikhsanul Fikri Siap Lakoni UNBK

KoMMBes Penggalangan Dana Lombok

MAGELANG – Sebanyak 51 siswa – siswi SMP IT Ikhsanul Fikri Kota Magelang bersiap untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). UNBK tingkat SMP yang dilaksanakan serentak se Indonesia ini, akan dilaksanakan pada Selasa 2 Mei 2017.

Sekolah yang berdiri pada 2011 ini, secara aktif berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Magelang dalam mempersiapkan kebutuhan UN siswanya. Langkah ini dilakukan untuk dapat mengambil inisiatif lebih awal dalam melakukan persiapan.

Dalam proses persiapan UNBK, pihak sekolah dibantu dukungan yang diberikan oleh wali murid. Selain itu, bantuan juga diberikan oleh pihak yayasan.

Alhamdulillah kami didukung oleh wali murid dan pihak yayasan untuk melengkapi kebutuhan peralatan dalam pelaksanaan UNBK,” kata Fathin Mahdalina SPd, Kepala SMP IT Ikhsanul Fikri Kota Magelang.

Kepala sekolah yang pernah meraih penghargaan sebagai kepala sekolah terbaik se Kota Magelang tersebut, juga berkata bahwa, walaupun tergolong baru, tetapi sekolah mereka sudah dapat menempati peringkat yang cukup baik. Pada Ujian Nasional (UN) yang diselenggarakan tahun lalu, sekolah ini menempati peringkat ke 9 dari 24 SMP se Kota Magelang.

Untuk pelaksanaan UNBK, sekolah sudah mempersiapkan sebanyak 20 unit komputer klien dengan 4 unit komputer cadangan. Sedangkan untuk server, dipersiapkan 1 unit komputer dengan 1 unit lagi sebagai cadangannya. Selain itu, juga disipakan genset untuk mengantisipasi masalah kelistrikan yang mungkin dapat terjadi.

“Persiapan ini sudah kami lakukan selama 1 minggu lebih dan semua peralatan sudah lengkap,” kata Haryo Agus Baruno SPd, Penanggung  Jawab Operasional Aplikasi UNBK (Proktor).

Adapun salah satu kendala yang dirasakan sekolah terkait pelaksanakan UNBK ini, masih kurangnya simulasi atau uji coba UN oleh siswa. Dengan adanya kendala tersebut, sekolah berinisiatif untuk melatih siswa, baik secara mandiri maupun berkelompok. Dengan menggunakan berbagai media pembelajaran yang ada.

Dalam proses mendidik siswa – siswinya sekolah memegang prinsip untuk mengutamakan pembentukan karakter dan kepribadian yang Islami. Hal ini diutamakan tanpa meninggalkan prestasi baik akademik maupun non akademik.

“Salah satu target utama kami tahun depan meningkatkan kemampuan hafalan Al-Qur’an bagi siswa,” kata Fathin.

Apa Tanggapan Anda ?