Daerah

Dukung Kesehatan, Siswa SD Berikrar Tidak BAB Sembarangan

MAGELANG - Siswa SD Negeri Jebengsari, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah melakukan ikrar tidak akan buang air besar (BAB) sembarangan. Upaya ikrar ini untuk mendukung program kesehatan di Desa Jebengsari.

Bersamaan dengan itu, untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang juga meresmikan Kampung KB di Dusun Jebengan, Desa Jebengsari. Bupati Magelang Zaenal Arifin mengatakan bahwa, hal ini sudah sesuai dengan nawacita Presiden bahwa membangun dari daerah pinggiran.

"Tentunya hal ini juga diawali dengan pendataan penduduk secara valid. Kemudian nawacita yang kelima adalah meningkatnya kualitas hidup masyarakat melalui kegiatan bina keluarga balita, bina keluarga, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, sehingga kita dapat membangun karakter bangsa melalui pembangunan keluarga," kata bupati.

Pada kesempatan yang sama, selain meresmikan Kampung KB, bupati juga meresmikan Rumah Dataku, di Desa Jebengsari sebagai upaya percepatan data penduduk di Desa tersebut.

Kepala Desa Jebengsari Agus Budiono, sebagian besar masyarakat di Desa Jembengsari bermatapencaharian sebagai petani. Sedangkan jumlah penduduknya 312 jiwa yang terdiri dari, jumlah balita 12 jiwa, jumlah remaja 56, dan jumlah orang dewasa sebanyak 244 jiwa.

"Kami berharap, melalui program Kampung KB ini, nantinya warga masyarakat di Desa Jebengsari dapat lebih maju dan lebih sejahtera," kata Agus. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?