Siswa mengenal berbagai jenis tanaman. Mempelajari ilmu pengetahuan alam tak harus melulu di kelas.

Daerah

Ajak Siswa Cintai Tanaman


MAGELANG – Para siswa perlu dikenalkan berbagai jenis tanaman sejak dini. Seperti yang diterapkan siswa-siswi kelas IV SD Santa Maria Magelang. Mereka diajak berkunjung ke markas Kelompok Tanaman Hias Sekar Sari Kota Magelang. Kunjungan di Jalan Elo Jetis RT 05 RW 06 Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Magelang Utara, itu untuk mengenal dan mencintai tanaman hias.

“Kami berkunjung ke sini untuk mengenalkan mereka tanaman hias dan tanaman organik,” kata salah satu guru yang turut mendampingi Ch Yuli Irawati.

Mempelajari ilmu pengetahuan alam tak harus melulu di kelas. Ketua Kelompok Sekar Sari, B Agus Murjani menyatakan, saat berkunjung ke sana, kelompok tanaman hias menyambut baik. Ia menyambut dengan tangan terbuka untuk siapa saja.

“Termasuk mereka siswa-siswi dari SD Santa Maria,” kata dia.

Ditempat itu, siswa mengenal berbagai tanaman, baik yang ditaman langsung di tanah, dengan media pot hingga yang digantung. Tanaman-tanaman yang ada seperti aglonema, puring, antorium, begonia, mawar, katus, bermacam macam tanaman taman, tanaman buah, toga.

“Sayuran juga ada, kalau akan masak sayur kami tinggal metik,” jelasnya.

Setelah melihat tanaman tersebut, siswa-siswi dinilai sangat antusias untuk belajar menanam di rumah maupun di sekolah. Selain berkeliling ke beberapa titik, siswa juga mendengarkan penjelasan soal tanaman. Mereka juga terlihat mencatat sembari mendengarkan pemamaran soal tanaman.

“Menanamlah dan mencintai tanaman. Karena bagaimanapun, kita manusia butuh tanaman,” ujarnya.

Apa Tanggapan Anda ?
Tagged