SD Muhammadiyah Ngluwar, juara umum Kejuaraan Pencak Silat usia dini se Kabupaten Magelang.

Daerah

Berprestasi, SD Muhammadiyah Ngluwar Juara Umum Pencak Silat

SMK Muhammadiyah 2 Muntilan

MAGELANG – Sekolah Dasar Muhammadiyah Ngluwar, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah menjadi juara umum di Kejuaraan Pencak Silat usia dini yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang. Kejuaraan yang diikuti 280 atlet ini berlangsung di Aula SMP Muhammadiyah Muntilan dan diikuti berbagai perguruan pencak silat.

SD Muhammadiyah Ngluwar menyumbangkan medali terbanyak diantaranya 7 medali emas, 1 perak dan 8 perunggu. Disusul SD Muhammadiyah Gunungpring yang menjadi juara umum ke 2. Sedangkan tingkat SMP diraih oleh SMP Muhammadiyah Muntilan sebagai juara umum.

Pelatih silat SD Muhammadiyah Ngluwar Nur Susilo merasa bangga kepada anak-anak utusan SD Muhammadiyah Ngluwar. Menurut dia, dengan iman dan akhlaq ia menjadi lemah.

“Tanpa iman dan akhlaq saya menjadi lemah. Kami berlatih seminggu sekali, tapi 2 minggu terakhir menjadi 3 kali untuk usaha yang maksimal,” tambahnya.

Menurut Ketua Pertandingan Bambamg Hermanto, kejuaraan ini dilaksanakan untuk mencari bibit pesilat di Kabupaten Magelang. Selain itu juga sebagai upaya pendidikan karakter diusia dini.

Pada acara tersebut siswa dididik untuk sportif dalam bertanding. Dari situ diharapkan bisa membentuk mental anak untuk berjiwa ksatria.

SD Muhammadiyah Ngluwar, SD Muhammadiyah Gunungpring dan SMP Muhammadiyah Muntilan memilih pencak silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah, untuk dijadikan ekstra. Selain sebagai Ortom Muhammadiyah yang mengajarkan nilai-nilai ke Islaman, Tapak Suci Kabupaten Magelang juga memiliki segudang prestasi baik tingkat daerah maupun nasional. Tapak Suci juga sering menjadi juara umum dalam even kejuaraan di Kabupaten Magelang.

*Kontributor Novi Setiaji Panuntun S.Kom

Apa Tanggapan Anda ?