Siti Nurhayati, Guru Kelas 1 SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah saat bersama dengan siswanya.

Opini

Beruntunglah, Manusia yang Bisa Bermanfaat


Siedoo, Pada hakekatnya Allah SWT menciptakan makhluk dan ciptaan-Nya pasti mempunyai manfaat dan tidak ada yang sia-sia. Seekor lalat pun yang menjadi sumber penyakit, ternyata mempunyai manfaat juga bagi makhluk hidup yang lain.

Hidup di dunia ini waktunya begitu singkat. Dari kita banyak yang mengatakan “baru kemarin hari Ahad, kok sekarang sudah Ahad lagi”. Ini menandakan bahwa hari-hari yang kita lewati begitu sangat singkat dan cepatnya.

Dengan cepatnya waktu ini, akankah kita akan santai-santai setiap harinya? masihkah kita ingin melakukan yang tidak berguna? tentunya tidak.

Lalu apa yang harus kita lakukan? sebagai manusia sejatinya harus berguna. Berguna bagi diri sendiri, orang lain, teman, saudara, keluarga, dan lingkungan.

Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain. Diriwayatkan dari Jabir berkata ”Rasulullah Saw bersabda, orang yang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi manusia” ( Hadist Riwayat Thabrani dan Daruquthni).

Jadilah manusia yang selalu bermanfaat dan memudahkan urusan orang lain. Insya Allah bila kita bermanfaat dan memudahkan urusan orang lain, maka Allah SWT akan memudahkan urusan kita, karena tidak ada balasan kebaikan selain kebaikan itu sendiri.

Dalam Al-Quran Surat Al Isra ayat 7 disebutkan bahwa “Jika kalian berbuat baik, sesungguhnya kalian berbuat baik bagi diri kalian sendiri”.

 

*Siti Nurhayati
Guru Kelas 1 SD Mutual Kota Magelang, Jawa Tengah.

Apa Tanggapan Anda ?