Siswa SD Inpres Unggulan BTN Pemda Kota Makasar usai berpentas. foto: facebook

Daerah

Melongok Program-Program Unik SD Inpres di Kota Makassar

Iklan SMA Mutual

MAKASSAR – Sekolah Dasar (SD) Inpres Unggulan BTN Pemda, Kota Makassar, Sulawesi Selatan sangat mengutamakan pendidikan bagi anak didiknya. Berbagai hal untuk mendongkrak pembelajaran, kreatifitas, dan penambahan pengetahuan, sering dilakukan. Ini dilakukan tidak lain untuk membentuk karakter siswa-siswi.

Berikut program-program yang dijalankan :

1. Sabtu Talent

Program ini dilakukan di akhir pekan dengan nama “Sabtu Talent”.

Dalam kegiatan yang digelar setiap hari Sabtu tersebut, setiap kelas berkesempatan menampilkan suatu pertunjukan secara bergilir. Mereka diberi panggung khusus.

"Hal ini untuk menumbuhkan keberanian tampil di muka umum," kata kepala sekolah, Andi Agusniati dilansir dari kemdikbud.co.id.

2. Orang Tua Suapi Anak

Di antara orang tua mereka, juga masih sering mengantar anak-anaknya ke sekolah. Hal ini ditangkap oleh pihak sekolah untuk menjalin komunikasi dengan guru, demi perkembangan pendidikan di anak.

Kedekatan orang tua dengan siswa juga terus dijaga. Diantaranya lewat program orang tua menyuapi anaknya di hari Sabtu.

Untuk kegiatan ini, pihak sekolah meminta orang tua memasak sendiri makanan untuk anak mereka, namun dilarang makanan yang instan atau cepat saji.

"Bila orang tua benar-benar berhalangan hadir, maka anaknya akan disuapi oleh orang tua siswa lain atau oleh guru," jelas Andi.

3. Taman Literasi

Tidak hanya fokus pada perkembangan karakter siswa, sekolah tersebut mengedepankan literasi bagi peserta didiknya. Perpustakaan yang tidak terlalu besar dirasa bukan halangan. Berbagai terobosan dibuat, antara lain dengan membuat pojok-pojok literasi.

Selain ada lokasi khusus bernama "Taman Literasi", di depan kelas ada rak yang berisi buku untuk dapat dibaca siswa saat sedang luang.

Ada juga pohon yang ditata untuk menggantung buku bacaan. Pohon tersebut disebut pohon baca.

Hal menarik lainnya dari sekolah ini, dinding di depan kelas diberi lukisan yang sekaligus menjadi alat peraga bagi pembelajaran.

Lukisan tersebut diantaranya peta Indonesia, tata surya, bendera negara-negara ASEAN, dan lukisan lain yang terkait pembelajaran.

Memperkuat Karakter Siswa

Program-program yang dijalankan tersebut, tidak lain untuk menumbuhkan karakter siswa-siswi.

Menurut kepala sekolah, pendidikan karakter sangat penting di sekolah dasar. Karena, merupakan fondasi bagi siswa. Selain itu, usia siswa yang masih belia juga menjadikan karekter mereka mudah untuk dibentuk.

"Siswa paling lama ada di sekolah ya di SD, 6 tahun," tambah Andi. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?