Paparan yang dilakukan oleh Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina (tengah) bersama jajaran dan staf di hadapan tim penilai Anugerah Iptek 2018.

Nasional

Kemenristekdikti Berikan Anugerah Budhipraja ke Kota Magelang, Ini Tujuannya


MAGELANG – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah berupa Anugerah Iptek 2018 kategori Budhipraja (Anugerah Budhipraja).

Anugerah ini diberikan sebagai apresiasi atas prestasi penguataan sistem inovasi daerah yang menghasilkan nilai tambah, baik bentuk komersial, ekonomi maupun sosial-budaya. Sehingga, berdampak pada peningkatan daya saing dan kesejahteraaan masyarakat.

Kota Magelang masuk dalam tiga besar penerima Anugerah Budhipraja selama tiga tahun berturut-turut sejak 2016 lalu. Tujuan Anugerah Iptek 2018 ini antara lain, mendorong peningkatan kemampuan Iptek, yang diikuti dengan penguatan inovasi nasional untuk mendukung kemandirian dan daya saing bangsa Indonesia. Lalu membangun iklim kondusif penguatan dan pengembangan inovasi sebagai outreach dari riset Iptek dalam penciptaan nilai tambah komersil, ekonomi dan atau sosial budaya secara berkelanjutan.

“Kota Magelang ini kan kota kecil, maka inovasi di bidang Iptek itu penting. Ini sesuai dengan visi misi kita sebagai kota cerdas,” kata Walikota Magelang Sigit Widyonindito.

Ia mengaku bangga dengan masuknya Kota Magelang dalam tiga besar Anugerah Budhipraja 2018. Walikota pun optimis Kota Sejuta Bunga akan mendapatkan hasil terbaik.

“Pemkot komitmen dalam memajukan Iptek, seperti membuat Perda dan membentuk lembaga sendiri untuk Litbang berupa badan,” jelasnya.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kota Magelang, Arif Barata Sakti menjelaskan, sesuai dengan surat dari Sekretaris Jenderal Penguatan Inovasi Dr Hadirin Suryanegara, Kota Magelang masuk ke dalam tiga besar penerima Anugerah Iptek 2018 kategori Budhipraja. Pemkot Magelang menerima surat undangan ke Pekanbaru, Riau untuk penerimaan Anugerah Iptek 2018 kategori Budhipraja dalam acara Puncak Harteknas ke-23 pada 10 Agustus.

Sebelum menerima surat undangan tersebut, Kota Magelang dinyatakan masuk dalam lima besar finalis penerima Anugerah Budhipraja 2018 usai paparan yang dilaksanakan di Jakarta. Paparan dilakukan langsung Wakil Walikota Magelang, Windarti Agustina bersama Arif Barata dan staf di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Untuk penyerahan anugerah di Pekanbaru, rencananya Pak Wali (Walikota Magelang) akan hadir. Acara ini juga rencananya akan dihadiri Presiden Jokowi yang sekaligus memberikan arahan,” katanya. (Siedoo)

Apa Tanggapan Anda ?