Wawasan kebangsaan dan TMMD 102, warnai MPLS SMK Putra Bangsa Salaman.

Daerah

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, TNI Tekankan Nasionalisme


MAGELANG – Materi yang berkaitan dengan nasionalisme dan bela negara, merupakan materi yang penting dan masih relevan untuk terus disegarkan bagi seluruh warga negara lndonesia. Terlebih bagi pelajar atau generasi muda agar jiwa nasionalisme dan semangat Bela Negara terus terjaga dan meningkat. Serta, menjaga agar tidak luntur atau pun pudar.

“Jiwa nasionalisme dan semangat bela negara yang sudah dicontohkan dalam sejarah perjuangan bangsa oleh para syuhada, pejuang pendahulu bangsa, menjadi motivasi bagi generasi sekarang. Yaitu, untuk terus semangat dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Bersama-sama mempertahakan kemerdekaan Republik lndonesia dan mengisinya, melalui karya nyata berprestasi, demi nama baik bangsa dan negara,” jelas Danramil 20/Salaman Kodim 0705/Magelang Kapten lnf Adi Sanyoto saat memberikan materi “Nasionalisme dan Bela Negara” kepada siswa – siswi SMK Putra Bangsa Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi calon siswa-siswi baru SMK Putra Bangsa Salaman merupakan agenda tahunan yang dilakukan sekolah tersebut. Kepada peserta Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah, Kapten lnf Adi juga mengingatkan akan arti pentingnya sejarah. Sejarah para pejuang dan pendahulu bangsa Indonesia.

“Sebagai bentuk pengakuan, bahwa kita ada seperti ini karena perjuangan para pejuang bangsa. Kita bisa melakukan aktivitas apapun karena kita sudah tidak lagi tertindas. Karena kita tidak lagi terjajah, karena kita sudah merdeka,” tegasnya.

Ia mengingatkan bahwa kecintaan terhadap tanah air Indonesia diwujudkan dengan kerelaan untuk berkorban demi bangsa dan negara. Implementasi di sekolah yaitu dengan mematuhi peraturan yang berlaku, mencintai lingkungan, mengembangkan budaya disiplin, berupaya untuk membuat prestasi bagi diri dan sekolah.

“Serta, menjaga kerukunan di sekolah serta jauhi perbuatan yang akan merusak citra sekolah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapten Adi juga menyampaikan kegiatan-kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh Kodim 0705/Magelang. Salah satu program nasional yang sedang dilaksanakan adalah TMMD Reguler 102 tahun 2018 yang sedang berlangsung di Desa Gandusari, Kacamatan Bandongan. Walaupun pelaksanaan TMMD dipusatkan di Bandongan, namun kegiatan pendukung dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Magelang.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Putra Bangsa Triatmono Adi Nugroho, S.H mengingatkan agar materi yang telah disampaikan Danramil untuk dipedomani dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sementara Kepala SMK Putra Bangsa Salaman Kuntoro S.Pd juga mengatakan bahwa, dengan segala keterbatasannya, SMK Putra Bangsa Salaman terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan siswa – siswinya. Sehingga, menghasilkan generasi yang membanggakan.

“Kita akan selalu meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk mental dan karakter siswa,” kata Kuntoro.

Apa Tanggapan Anda ?